Bulog Edarkan Beras Sachet

Ary, beras sachet (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Kepala Sub Divre Bulog Rejang Lebong saat menunjukkan beras kemasan sachet yang mulai mereka edarkan di Kabupaten Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Sub Divre Bulog Rejang Lebong mulai mengedarkan beras dalam kemasan ekonomis di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang. Beras yang dikemas dalam bentuk sachet ukuran 200 gram tersebut dengan harga Rp 2.500 per Kg.”Untuk beras kemasan sachet renteng seperti ini sudah mulai kita edarkan sejak bulan Agustus kemarin,” sampai Kepala Sub Divre Bulog Rejang Lebong, Rudi Adlyn Damanik saat ditemui Selasa (4/9) kemarin.

Memberikan Kemudahan

Dijelaskan Rudi, hadirnya beras dengan ukuran ekonomis tersebut, diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli beras. Karena menurutnya selama ini kemasan beras yang banyak dijual di pasaran mulai dari 5 Kg hingga 20 Kg. Kemudian untuk ukuran yang paling kecil yaitu ukuran 2 liter yang biasa dijual di pasaran Kabupaten Rejang Lebong dengan istilah satu cupak untuk ukuran 2 liter tersebut.

“Dengan adanya kemasan 200 gram ini, bila saat ini masyarakat uangnya masih kurang, bisa membeli beras sachet ini, dengan harga Rp 2.500 per sachet,” tambah Rudi.

Rudi mengaku, pihaknya telah mencoba memasak beras dengan kualitas premium tersebut. Dimana menurutnya satu sachet beras tersebut bisa untuk mencukupi 4 hingga 5 orang untuk sekali makan.Terkait dengan peredaran beras sachet sendiri, Rudi mengaku hingga saat ini baru mereka edarkan di beberapa warung di Kabupaten Rejang Lebong termasuk di Rumah Pangan Kita (RPK).



Ia mengaku saat ini Sub Divre Rejang Lebong belum bisa mengedarkan dengan jumlah banyak beras kemasan sachet tersebut. Karena menurutnya saat ini pihaknya hanya menerima dari beras tersebut dari Bulog Divre Bengkulu, mengingat saat ini di Bengkulu mesin pengemasan beras kemasan sachet tersebut baru ada di Bengkulu.

“Kita rencana akan mengadakan juga mesin pengemasan beras sachet ini,” aku Rudi.

Karena menurut Rudi, bila mereka sudah memiliki mesin pengemasan sendiri, mereka bisa mengemas sendiri dengan menggunakan beras lokal kualitas premium. Kemudian hasil pengemasan yang mereka lakukan tersebut langsung mereka edarkan di tiga kabupaten, yaitu Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang sebagai wilayah kerja Sub Divre Bulog Rejang Lebong.(251)