Bulog Belum Salurkan Rastra

rejang lebong
ARY/Bengkulu Ekspress Kepala Bulog Sub Divre Rejang Lebong M Kamin Siregar Senin (27/2) kemarin saat menunjukkan stok beras yang ada di Gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong yang siap didistribusikan pada penerima Rasta di Kabupaten Rejang Lebong

CURUP, BE – Hingga akhir bulan Februari 2017 ini, penyaluran beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) atau yang sebelumnya bernama beras untuk rakyat miskin belum direalisasikan oleh Bulog Sub Divre Rejang Lebong.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bulog Sub Divre Rejang Lebong, M Kamin Siregar SE mengaku pihaknya siap untuk mendistribusikan Rastra bagi masyarakat Rejang Lebong. Hanya saja saat ini masih terkendala dengan data penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong.

“Bila data penerimanya sudah ada, kita siap untuk langsung mendistribusikan Rastra bagi masyarakat Rejang Lebong,” ungkap M Kamin saat ditemui Senin (27/2) kemarin.

Menurut M Kamin, belum adanya data penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, karena memang pada tahun 2017 ini terjadi penambahan jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong. Karena adanya penambahan jumlah penerima tersebut, pihak Bulog belum menerima secar rinci nama-nama penerima Rastra disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Data yang kita terima, baru data secara keseluruhan, namun untuk data per kecamatan atau desanya belum kita terima, sehingga pendistribusian belum bisa kita lakukan,” jelas M Kamin.

Terkait dengan data penerima Raskin itu sendiri, menurut M Kamin terkait data penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong sendiri tidak ada campur tangan dari Bulog khususnya Sub Divre Rejang Lebong dalam menentukan siapa yang akan mendapatkan Rastra. Namun menurut M Kamin pihaknya hanya menerima saja data penerima Rastra, penerima Rastra tersebut berasal dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Untuk penerima Rastra kita sifatnya hanya menerima saja, karena yang menentukan adalah TNP2K,” terang M Kamin.

Lebih lanjut M Kamin menjelaskan, meskipun saat ini Rastra belum didistribusikan, namun ia optimis dalam waktu dekat ini data penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong akan diturun, sehingga pada Bulan Maret nanti Rastra untuk masyarakat Rejang Lebong maupun Kabupaten Lebong dan Kepahiang yang menjadi wilayah kerja Bulog Sub Divre Rejang Lebong akan didistribusikan.

Terkait dengan pagu penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong sendiri M Kamin pada tahun 2017 ini sebanyak 21.465 RTS dengan jumlah Rastra selama satu tahunnya sebanyak 3.863.960 Kg atau sebesar 321.975 Kg setiap bulannya. Pagu tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sebanya 19.514 RTS dengan banyak Rastra dalam satu tahunnya sebanyak 3.512.520 Kg.

Terkait dengan stok beras yang ada di gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong, menurut M Kamin Cukup untuk mendistribusikan Rastra selama 3 bulan pertama tahun 2017 ini. Dimana saat ini total beras yang ada di gudang Sub Divre Rejang Lebong sebanyak 1.600 ton. Meskipun nanti kurang pihaknya bisa mengambil langsung dari gudang Bulog Divre Bengkulu, karena menurutnya jaraknya tidak terlalu jauh sehingga tidak memakan waktu yang lama.(251)