Bulan Depan, Operasi Katarak Gratis

KEPAHIANG, BE – Operasi katarak yang merupakan salah satu program bidang kesehatan Pemkab Kepahiang yang saat ini sudah diambil alih RSUD Kepahiang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang akan mulai digelar Desember mendatang. Kegiatan¬† yang dipelopori RSUD itu akan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Pedami) Provinsi Bengkulu.”Jumlah pasien yang sudah kita data mencapai 200 orang, dimana nantinya akan langsung ditangani oleh dokter spesialis mata dan dibantu tenaga medis kita,” ungkap Direktur RSUD Kepahiang dr Hendra Pala.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk mengentaskan penderita katarak di Kabupaten Kepahiang, sehingga nantinya penderita katarak bisa diminimalisir. Dari beberapa survey dan pendataan yang dilakukan, penderita katarak di Kepahiang cukup tinggi.”Potensi penderita katarak bisa mencapai pada angka maksimal, maka dari itu mesti diminimalisir sejak dini dan salah satunya melalui kegiatan ini,” katanya.

Operasi karakat massal yang digelar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Rencana awal untuk target pasien yang akan dioperasi berjumlah 200 orang. Penyakit katarak biasanya menyerang pada usia 40 tahun ke atas.”Kita berkeyakinan akan mendapatkan hasil maksimal, apalagi dalam kegiatannya langsung melibatkan Pedami Provinsi Bengkulu karena untuk dikita sendiri belum memadai,” tandasnya.(505)