Bukit Pabes Destinasi Wisata Baru di Lebong


IST/BE
Suasana keindahan alam Bukit Pabes yang patut dikunjungi bagi para pecinta alam.

LEBONG, bengkulu ekspress.com – Menjadi tujuan wisata baru terutama bagi pecinta pendaki gunung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) Daneu Kecamatan Lebong Atas untuk maksimalkan dalam pengelolaan Bukit Pabes.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa memang untuk bukit Pabes telah menjadi salah satu objek wisata andalan baru di Kabupaten Lebong yang cukup mudah dicapai.
“Objek wisata yang akan memberikan view pesona alam bagi masyarakat yang mendaki bukit Pabes,” jelasnya, Senin (24/08).

Menurutnya, objek wisata Bukit Pabes memang belum disentuh oleh Pemkab Lebong. Hal ini untuk menumbuhkan niat masyarakat untuk mengelolanya walaupun saat ini masih di kelola secara sederhana. Nanti setelah itu, pemerintah akan masuk untuk membantu.
“Kita ingin menumbuhkan agar masyarakat dulu yang mengelola, jangan sedikit-sedikit ada campur tangan pemerintah,” ucapnya.

Nantinya pihaknya akan mendorong Pemdes setempat untuk bisa mengelola objek wisata tersebut. Dimana dalam pengembangan objek wisata tersebut nantinya bisa menggunakan Dana Desa (DD) yang diterima desa tersebut.
“Dengan banyaknya pengunjung maka akan mampu membantu perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya
Terpisah, salah seorang warga yang telah mendaki Bukit Pabes, Riki Agustian mengatakan, bahwa untuk menuju Bukit Pabes harus berjalan lebih kurang 45 menit hingga 1 jam untuk menuju puncak atau tempat yang telah disediakan.
“Kita menitipkan kendaraan kepada pengelola dengan biaya Rp 15 ribu,” sampainya.

Setibanya di puncak, sambungnya, maka akan melihat pemandangan-pemandangan alam. Apalagi ketika pagi hari ketika momen matahari terbit yang akan membuat pendakian yang menelan waktu sampai 1 jam akan tergantikan dengan pesona yang didapati.
“Pastinya tidak akan menyesal dengan keindahan yang didapat,” tutupnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*