Bukit jadi Desa Wisata

IST/Bengkulu Ekspress Wisata Air Terjun Curup Cay dan Air Terjun Pengantin di Desa Bukit, Kecamatan Semidang Lagan, Benteng ramai dikunjungi wisatawan, kemarin (10/6).

SEMIDANG LAGAN, Bengkulu Ekspress – Desa Bukit, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) semakin dikenal wisatawan. Potensi wisata alam nan indah tampaknya menjadi daya tarik tersendiri hingga membuat wisatawan terus berdatangan. Jika tahun lalu Desa Bukit hanya memiliki wisata unggulan berupa Air Terjun Curup Cay, tahun 2019 ini objek wisata unggulan di Desa Bukit bertambah.

Pemerintah Desa (Pemdes), tokoh pemuda dan Karang Taruna setempat sukses menciptakan air terjun pengantin yang berlokasi tak jauh dari permukiman warga. Selain memiliki pemandangan yang sejuk dan damai, pengelola juga telah menciptakan wahana atau tempat berfoto (selfie).

“Rekomendasi dari teman-teman, makanya datang ke sini,” kata Iryanka Aditya, salah seorang wisatawan asal Kota Bengkulu, kemarin.

Menurut dia, wisata di Desa Bukit memiliki potensi untuk menjadi lebih besar dan dikenal lebih luas. Sebab itu, pengelola harus lebih serius dalam menjaga kebersihan serta menciptakan wahana permainan baru. “Dengan ditata lebih baik, air terjun di Desa Bukit akan lebih menarik perhatian wisatawan,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Benteng, Eka Nurmaeni MSi mengakui bahwa air terjun di Desa Bukit menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Benteng. Dari hasil pendataan, paparnya, Desa Bukit menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi pada libur panjang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 M ini.

Selain itu, beberapa wisata yang juga banyak dilirik diantaranya adalah, objek wisata Wahana Surya, Pantai Sungai Suci dan Danau Gedang yang berada di Kecamatan Pondok Kelapa. Selain itu, objek wisata Bukit Kandis yang berlokasi di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi.

“Kami sudah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang anggotanya berasal sejumlah desa wisata di Kabupaten Benteng. Mereka sudah diberikan pelatihan dan pembinaan agar dapat mengembangkan potensi wisata yang dimiliki di daerah masing-masing,” demikian Eka.(135)