Buka Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu, Presiden Jokowi Berpesan Jaga Persatuan

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Jumat pagi (15/2), membuka langsung acara Tanwir Muhammadiyah ke-2 di Bengkulu, di halaman Gedung Balai Semarak. Pada acara tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan pesannya kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Bengkulu, untuk selalu menjaga persatuan bangsa.

“Bangsa ini bangsa besar perbedan suku agama, adat tradisi mengajak kita memelihara persatuan, kerukunan. Karena itu, aset terbesar bangsa saat ini,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, melalui Tanwir ini diharapkan dapat mempererat silahturami dan kedepannya dapat mencerakan umat dalam beragama. Ditahun politik ini, supaya bisa memberikan pencerahan terutama kepada masyarakat mengenai pentingnya kerukunan, persatuan dan persaudaraan.

Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah menyampaikan, atas nama Pengurus Muhammadiyah pusat menyampaikan terima kasih atas kedatangan presiden yang dapat hadir meluangkan waktunya. Dia sangat merasa bersyukur presiden dapat memenuhi harapan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Sidang Tanwir Muhammadiyah kedua kalinya diadakan setelah sebelumnya dilakukan di Ambon, Maluku. Mengapa mengadakan Tanwir di Bengulu, karena Bengkulu punya sejarah tokoh Muhammadiyah dan tokoh bangsa,” terangnya.

Dilanjutkannya, Tanwir kedua ini mengambil tema ‘Beragama yang Mencerahkan’. Bertujuan untuk menyebar luaskan praktek Islam yang mencerahkan muslim yang disinari nilai ajaran Islam.

“Kami mengamati, saat ini kurang pencerahan. Umat islam intoleransi, penyebaran hoax, ujaran kebencian, politisasi agama yang tidak harus semestinya terjadi. Beragama yang mencerahkan dapat membangun peradapan publik dalam kehidupan bangsa dan bernegara,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Meersyah mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Bengkulu, dia mengucapkan selamat datang kepada presiden dan peserta tanwir. Dia juga menyampaikan terima kasih atas waktunya presiden yang berkenaan hadir berkunjung di Bumi Rafflesia.

“Mudah-mudahan acara berjalan dengan hikmat sehingga dapat mencerahkan Indonesia melalui Perserikatan Muhammadiyah,” papar Rohidin. (HBN)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*