Buka Rekening Bank Cukup Via Smartphone

Ist/Bengkulu EkspressINOVASI: Perbankan memberikan kemudahan layanan keuangan dan menarik lebih banyak nasabah, salah satu bentuk inovasi yang yang dilakukan perbankan saat ini yaitu membuka rekening cukup via Smartphone.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Memasuki era digitalisasi, membuat perbankan terus berbenah dalam mengikuti perkembangan teknologi. Hal tersebut dilakukan guna memberikan kemudahan layanan keuangan dan menarik lebih banyak nasabah. Salah satu bentuk inovasi yang yang dilakukan perbankan saat ini yaitu membuka rekening cukup via Smartphone.

Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia (Persero) Bengkulu, Ismed Sarmen mengaku, BRI pada 2019 ini telah meluncurkan aplikasi digital banking terbaru yang bernama BRImo. Aplikasi berbasis data ini merupakan pengembangan terbaru dari aplikasi BRI Mobile yang telah ada sebelumnya. Dimana BRImo menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking dan uang elektronik ke dalam satu aplikasi dengan menu transaksi yang lebih lengkap dan menarik.

“Selain itu, kemudahan yang ditawarkan BRImo di antaranya, pembukaan rekening tabungan BRI Britama Muda. Sehingga bagi yang ingin membuka rekening, bisa melalui aplikasi ini dengan memilih menu pembukaan rekening,” kata Ismed, kemarin (10/6).

Tidak mau kalah dengan BRI, Bank Centra Asia (BCA) juga telah meluncurkan layanan buka rekening online sejak 11 April 2019 lalu. Semua tahapan dilakukan lewat online. Bahkan untuk prinsip know your costumer (KYC) atau mengenal nasabah dapat dilakukan hanya melalui video call.

Kepala Cabang BCA Bengkulu, Tirta Tjahaja mengatakan, pembukaan rekening lewat aplikasi Mobile BCA itu mendapat respons yang cukup baik dari pasar yang tercermin dari peningkatan pembukaan rekening baru. Bahkan, Ia mengaku, dalam sehari bisa mencapai ribuan orang di Indonesia yang mengajukan pembukaan rekening melalui aplikasi. “Peminatnya cukup tinggi, tetapi kami masih butuh waktu untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Vice President Area Head PT Bank Mandiri Tbk Bengkulu, Abdul Malik mengatakan, Bank Mandiri juga memiliki rencana untuk meluncurkan layanan buka rekening secara online dalam beberapa bulan ke depan. Pendekatan yang akan digunakan juga akan berbeda dengan bank lain.  “Kami belum bisa ungkap detailnya, hanya saja approach yang diambil bank mandiri itu akan yang pertama di Indonesia, belum pernah dipakai bank lain,” tutupnya.(999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*