Buka Musrenbang, Bupati Ajak Semua Bersinergi Benahi Infrastruktur dan Layanan Publik

MUSRENBANG: Bupati Kaur Gusril Fauzi SSos saat membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Kaur tahun 2019 di GSG Pemda Kaur, Kamis (22/3).
MUSRENBANG: Bupati Kaur Gusril Fauzi SSos saat membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Kaur tahun 2019 di GSG Pemda Kaur, Kamis (22/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Guna meningkatkan pembangunan Kabupaten Kaur serta mewujudkan Kaur menjadi daerah maju, maka infrastruktur dan pelayanan publik harus terus dibenahi.

Hal inilah yang menjadi tekad Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Kaur, Kamis (22/3). Musrenbang dengan tema “Sinergitas dan akselerasi pembangunan infrastruktur menuju Kaur yang mandiri dan sejahtera” ini dilaksanakan guna mewujudkan pencapaian visi misi Kabupaten Kaur.

“Musrenbang ini merupakan titik awal pembangunan untuk 2019 nanti. Di sini semua pihak bersinergi agar dalam pelaksanaan pembangunan dan kemajuan Kaur ini,” kata Bupati Kaur, Gusril Fauzi SSos saat membuka Musrenbang.
Dikatakan bupati, untuk mewujudkan Kaur yang mandiri dan sejahtera, berbagai terobosan baru yang inovatif dalam program dan kegiatan harus dilakukan dan diusulkan, untuk mencapai target.

Tentunya ini semua tingkatan harus bersinergi dalam melaksanakan program kerja pembangunan dengan melaksanakan tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya masing-masing, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

“Untuk itu dalam Musrenbang RKPD setiap OPD memperhatikan dan memprioritaskan program dan kegiatan yang muncul dari masyarakat, dan disinilah kita perlu bersinergi dari atas sampai bawah,” ujarnya.

Ditambahkan bupati, ia meminta agar pelaksanaan Musrenbang tahun 2019 bukan hanya sekadar formalitas belaka yang tidak memberikan manfaat bagi masyarakat. Juga Musrenbang ini harus mampu sejalan dengan visi Kaur lebih sejahtera. Sehingga setiap program yang diserap dari Musrenbang di tingkat desa, kecamatan hingga ke kabupaten, diharapkan bisa sinkron dengan visi tersebut.

“Saya tekankan dan saya ingatkan kembali kepada seluruh OPD bahwa rencana kerja OPD harus berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Daerah (RPJMD). Juga semoga apa yang kita targetkan nanti bisa tercapai,” harapnya.
Di lain sisi, Plt Gubernur Bengkulu yang diwakilkan oleh Asisten I Provinsi Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, kegiatan Musrenbang ini penting dilakukan.

Sebab melalui bermusyawarah rapat menyampaikan apa saja yang perlu dibangun, membangun berbagai infrastruktur menjadi keinginan masyarakat banyak. Untuk itu diharapkan melaui kegiatan ini dapat duhasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyempurnaan terhadap RKPD.

“Saya berharap bahwa Musrenbang penyusunan RKPD ini menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang mampu menampung aspirasi masyarakat dan dan perencanaan pembangunan Kaur kedepan nantinya,” sampainya.

Dalam pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Kaur di GSG Pemda Kaur sekitar pukul 09.00 WIB. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kaur Nandar Munadi SSos MSi, Kepala OPD, FKPD dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur. (618)