Buka Jalan Desa Seblat Ulu //Menuju Desa Sungai Lisai

 IST/Bengkuli Ekspress KONDISI: Kondisi jalan saat ini, untuk menuju Desa Sungai Lisai yang berada di kawasan TNKS

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Lebong bersama Kodim 04/09 Rejang Lebong (R/L), melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2019, akan melakukan proses pembukaan jalan dari Desa Seblat Ulu menuju Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis yang berada di zona khusus Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kepala Badan perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan Msi, mengatakan untuk pelaksanaan pembukaan jalan Desa Seblat Ulu menuju Desa Sungai Lisai, telah dianggarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar melalui.

“Dananya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD ) Lebong tahun 2019,” jelasnya, kemarin (10/01).

Sesuai dengan kesepakatan bersama dengan pihak Balai Besar TNKS, pembukaan jalan akan dilakukan sepanjang 15 kilometer dengan lebar 2 meter. Dalam realisasi pembukaan jalan, nantinya akan dilakukan secara manual. “Karena kawasan tersebut masuk di kawasan hutan lindung sehingga ttidak diperbolehkan alat berat atau alat pemotong seperti senso untuk melakukan penebangan pohon,” sampainya.

Setelah jalan selesai dibuka, selanjutnya langsung dilakukan pengerasan jalan dengan konstruksi beton. Akan tetapi dalam pelaksanaan pengerasan jalan, nantinya akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. “Karena untuk dana Rp 1,5 miliar masih dalam tahap pertama, untuk melakukan pembukaan,” tuturnya.  Sementara itu, menyikapi masalah proses izin administrasi semuanya telah dilengkapi. Tinggal melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Balai Besar TNKS Sungai Lisai di Provinsi Jambi.

“Jika tidak ada kendala, hari ini kita akan melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan Balai Besar TNKS Sungai Penuh Provinsi Jambi,” ucapnya Ditambahkan Eddy, selain melaksankan penandatangan kerja sama dengan Balai Besar TNKS Sungai Lisai di Provinsi Jambi, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP) akan melakukan pemaparan Detail Engineering Design (DED).

“Kita berharap nantinya tidak ada kendala dalam melakukan pembukaan jalan,” harapnya. Sementara itu, Dandim 0409 R/L Letkol Kav Budi Wirman SSos, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melaksankan TMMD melakukan pembukaan jalan dari Desa Seblat Ulu menuju Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis. “Ia kita akan ikut dalam melakukan pembukaan jalan,” ucapnya. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu instruksi dari Pemkab Lebong kapan pelaksanaan akan dimulai.

Dalam pelaksanaan TMMD, nantinya akan diturunkan sebanyak 1 peleton (30 hingga 50 anggota TNI) untuk melakukanpembukaan jalan. “Kita tunggu minggu ini pemkab akan memulai pembukaan maka minggu ini juga kita kerahkan anggota,” tegasnya.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*