DKP Uji Coba Budidaya Rumput Laut

1.MUKOMUKO,BE – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan  uji coba pembibitan rumput laut. Lokasi yang disiapkan itu berada diwilayah perairan Desa Pulau Baru, Ipuh. Sejauh ini sudah dilakukan penebaran benih dengan luas 1 hektar. “Bibitnya sudah kita sebar untuk tahap awal ini,” ungkap Kepala DKP, Edy Apriyanto SP.

Bibit itu disebar sebanyak 50 line di luar kawasan tangkap para nelayan. Sehingga bibit yang ada tersebut tidak terganggu maupun rusak. Pemanfaatan potensi yang ada itu dijalankan sejak Desember 2012 lalu. Seharusnya di bulan Maret ini sudah bisa panen. Dikarenakan beberapa waktu lalu diserang hama cabe-cabe sehingga panen terpaksa tertunda. Kendati demikian hama tersebut sudah dapat ditangani. “Kita terus mengawasi perkembangannya dan  jika tak ada kendala sekitar 1 bulan kedepan sudah bisa dipanen,” katanya.

Edy belum dapat membeberkan berapa hasil dari potensi yang ada tersebut.Pasalnya proyek rumput laut ini baru sebatas baru uji coba. Jika dinilai berhasil dan menguntungkan  maka akan dikembangkan lebih luas. Begitu pun akan dicari lokasi lainnya sehingga daerah ini akan dikenal sebagai tempat pembudidaya rumput laut.”Potensi sektor ini cukup menjanjikan dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat jika dikelola dengan maksimal,” pungkasnya.(900)