Budayakan Gotong Royong

2. ASRI/Bengkulu Ekspress
GOTONG-ROYONG: Camat Seginim bersama warga Desa Muara pulutan membersihkan saluran drainase yang tersumbat akibat dipenuhi sampah, Senin (16/12).

SEGINIM, Bengkulu Ekspress– Upaya yang dilakukan Camat Kecamatan Seginim, Mardalena MPd dalam mengajak warga bergotong royong patut diapresiasi. Dirinya selalu aktif turun ke lapangan saat bergotong royong bersama masyarakat. “Kegiatan gotong royong ini rutin kami gelar bersama warga,” kata Mardalena saat ikut bergotong royong membersihkan saluran drainase di Desa Muara Pulutan, Seginim, Senin (16/12).

Dikatakan Mardalena, kegiatan gotong royong yang dilakukan tidak hanya sebatas membersihkan saluran drainase agar air tidak menggenangi badan jalan. Sekaligus juga membersihkan sampah di lingkungan pemukiman. Selain itu, juga membersihkan tempat ibadah hingga tempat pemakaman umum.“Kalau kerjanya beramai-ramai pekerjaan yang sulit akan lebih mudah,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Mardalena mengajak masyarakat Seginim, terus melestarikan budaya gotong royong ini. Dengan bergotong royong, selain untuk kebersihan lingkungan sekitar, juga warga semakin akrab. Saat bergotong royong warga saling berinteraksi. Dengan begitu, masyarakat akan selalu kompak.“Kalau rajin bergotong royong warga akan selalu bersama,” ujarnya.

Dalam bergotong royong tersebut, sambung Mardalena, dirinya langsung turun ke lapangan. Kemudian semua staf di kantor Camat Seginim juga ikut. Kegiatan gotong rotong pun juga melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas.“Kami mengajak semua warga selalu ikut bersama dalam kegiatan gotong royong,” ajak Mardalena. (369)