Buaya Sungai Lenyap

buaya betina yang juga sering munculBATIK NAU, BE – Akhir Desember 2012 lalu, warga Kecamatan Batik Nau dihebohkan dengan kemunculan buaya di sungai Bintunan yang berada di belakang kantor camat dan menjadi tontonan warga. Namun saat ini buaya yang meresahkan warga itu lenyap tidak diketahui dimana keberadaanya. Padahal kerangkeng perangkap masih dipasang di sungai namun tidak membuahkan hasil.

“Jika buaya masih sering muncul, maka kerangkeng ini minggu lalu rencananya mau dipindahkan, tapi untuk akhir-akhir ini buaya sudah jarang tampak, seperti lenyap begitu saja,” papar Camat Batik Nau, Markisman.

Lanjutnya, kemunculan buaya akhir bulan lalu diduga karena sering terjadinya hujan dan cuaca memang ekstrem sehingga kurang mendapatkan sinar matahari.Sedangkan dalam minggu ini cuaca sudah normal sehingga buaya tak muncul lagi.

Setelah di koordinasikan ke BKSDA provinsi mengatakan masih menunggu hingga situasi benar-benar kondusif.”Jika kerangkeng itu diangkat dan buaya itu muncul lagi akan menjadikan persoalan lebih pelik lagi,” demikian Markisman. (117)