Buah Kakao Diserang Hama, Petani Menjerit

buah kakao busuk
KOTA MANNA, BE – Petani kakao di Bengkulu Selatan (BS) saat ini resah. Pasalnya, selain harga kakao turun dari sebelumnya, hasil panen juga turun drastis karena buah kakao diserang hama. Akibatnya buah kakao pun menjadi busuk dan gagal panen.
“Saat ini buah kakao kami diserang hama tupai dan ulat,” Mak Chika (39), salah satu petani kakao Kota Manna mengatakan, buah kakao di kebun mereka diserang hama tupai dan ulat.
Banyaknya buah kakao busuk diketahui saat dirinya mau panen kakao. Lalu dirinya kaget sebab sebagain besar buah kakao sudah busuk. Setelah diteliti, ternyata buah kakao itu sudah dimakan ulat buah dan tupai. Dengan adanya serangan hama ini, dirinya pun kewalahan untuk membasmi hama tersebut. “Tupai dan ulat sangat banyak, sehingga kami kesulitan untuk membasminya,” imbuh Mak Cika.
Hal senada juga disampaikan Petani Kakao lainnya, Yudi (35), warga Kelurahan Gunung Ayu, Kota Manna, Dikatakannya serangan hama tupai dan ulat ini, saat ini hampir setiap kebun kakao warga. Oleh karena itu, dirinya berharap adanya bantuan obat-obatan atau racun pembasmi hama tersebut.
“Kami sangat berharap pemda dapat membantu mencarikan solusi obat atau racun pembasmi hama, agar hasil panen kakao kami normal kembali,” harap Yudi. (369)