BU Peroleh 50 Paket Kube

Kiman Nazardi
ARGA MAKMUR, BE – Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menerima 50 paket Kelompok Usaha Bersama (Kube) tahun 2016 ini. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten BU, Drs Kiman Nazardi, mengatakan, informasi jika Kabupaten BU mendapatkan 50 paket Kube ini bersamaan dengan Dinsos sudah menerima surat resmi dari Kementerian Sosial RI yang sudah melakukan verifikasi langsung berkaitan dengan penerimaan Kube tersebut. Jumlah yang diterima untuk satu kelompok Kube Rp 20 juta. Sampai sekarang Dinsos masih melakukan verifikasi data siapa yang akan menerima Kube nantinya.
“Satu Kelompok kana mendapat Rp 20 juta dari Kube tersebut, saat ini kita masih melakukan verifikasi data siapa yang layak menerima. Semua proposal yang masuk akan kita teliti, layak atau tidak. Sampai saat ini sudah ada beberapa proposal yang masuk, salah satunya Kecamatan Ketahun yang kami tolak, meski demikian kami mempersilahkan untuk memperbaikinya lagi,” jelas Kiman.
Masih kata Kiman, semua proposal yang masuk akan diteliti dengan cermat. Termasuk Kecamatan Enggano yang sudah mengajukan, tahun 2015 Kecamatan Enggano mendapatkan 5 kelompok penerima Kube.
Dari dana Kube tersebut, setiap kelompok ada yang menggunakan untuk ternak sapi, kambing, ikan dan usaha lainnya. Agar dana tersebut bisa maksimal, diharapkan setiap kelompok melakukan koordinasi atau musyawarah untuk menentukan jenis usaha dari Kube. Agar nantinya tidak terjadi perdebatan, gesekan sehingga dana tidak maksimal terpakai.
“Bengkulu Utara masih mendapatkan 50 paket Kube membuktikan jika pemerintah pusat memperhatikan usaha Kube yang diterima tahun sebelumnya. Oleh karena itu agar dana Kube bisa dimanfaatkan maksimal, karena tidak mudah mendapatkan anggaran tersebut. Pusat sendiri sudah memberikan penilaian kepada Kube di Bengkulu Utara ini, Kube di Bengkulu Utara masuk nominasi hanya saja belum meraih prestasi, semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik, itu harapan kita, pemerintah daerah dan tentunya masyarakat,” pungkas Kiman.(167)