BU Launching Pemanfaatan Pekarangan dan Panen Raya

Panaen Raya Bengkulu Utara
Panaen Raya Bengkulu Utara

ARGA MAKMUR, BE – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melauncing gerakan pemanfaatan lahan pekarangan.  Acara yang berlangsung di Desa Tebing Kaning Kecamatan Arga Makmur ini langsung dihadiri Plt Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah SAg MPd.  Selain mengikuti acara launching pemanfaatan lahan pekarangan, juga dilaksanakan panen raya di Desa Sido Urip.

Kunjungan Plt Gubernur ini disambut langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Dr. H. Imron Rosyadi MM MSi dan wakil bupati Ir. Mi’an beserta seluruh pejabat yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara di gedung daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Selanjutnya, tepat pukul 10.00 WIB, rombongan langsung menuju Desa Tanjung Raman yang juga disambut Kepala Desa Tanjung Raman, Hamdani.  Desa Tanjung Raman diketahui memiliki salah satu kelompok tani sayuran unggulan.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, Kabupaten Bengkulu Utara sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani.   “Untuk pemanfaatan lahan pekarangan ini, dilakukan 9 desa yang telah memiliki 33 kelompok tani dengan harapan terus meningkatkan lahan pekarangan dengan menanam sayuran,” paparnya.

Bupati juga berharap melalui pertanian masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara menjadi masyarakat yang sejahtera dan lebih maju lagi, sehingga kehidupan menjadi lebih baik lagi. Acara juga berlanjut berupa pemberian bantuan berupa uang tunai untuk kelompok tani di Desa Kabupaten Bengkulu Utara dari pemerintah provinsi Bengkulu untuk memperluas usaha pertanian senilai Rp 50 juta dan bantuan dana usaha lainnya Rp 25 juta untuk mendukung untuk kemajuan usaha, salah satunya adalah pembibitan benih atau bibit ikan air tawar, pembuatan gula pasir dan lain sebagainya.

Panen Raya di Sido Urip
Usai melaksanakan launching pemanfaatan pekarangan rumah, kegiatan langsung beralih di Desa Sido Urip untuk melakukan panen raya. Panen raya tersebut merupakan panen ketiga untuk kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati Bengkulu Utara, Dr H Imron Rosyadi MM MSi mengatakan, 3 kali dalam setahun Bengkulu Utara panen yang mencapai 1000 ton padi.  “Jumlah sawah di BU ini mencapai 15.609 ha yang minimal setiap panen mencapai 1000 ton padi bahkan lebih.  Karenanya, rata-rata masyarakat petani tidak membeli beras,” terang bupati.

Dalam kegiatan ini juga diselingi acara berbagi doorprize dari BRI Kota Arga Makmur yang memberikan hadiah berupa 10 unit mesin perontok padi guna kelancaran para petani.   Dalam kesempatan panen raya itu, Plt Gubernur dan Bupati BU beserta Wabup, juga turun langsung ke sawah guna melakukan panen raya. (117)