BTS Segera Dipasang

tower
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Pemasangan Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Seluma, tinggal menunggu waktu saja. Pihak ketiga yang melaksanakan pemasangan BTS dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah melakukan tahap pengiriman material BTS. Izin mendirikan bangunan (IMB) BTS pun segera selesai dalam waktu dekat

“Material BTS tinggal pengiriman melalui jalur laut,minggu depan sudah mulai dilakukan.Termasuk IMB yang tinggal beberapa tahap lagi selesai,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma H Hendarsyah, SIP MT kepada Bengkulu Ekspress kemarin (26/8).

Pemasangan BTS dilakukan ditiga titik, yakni Desa Muara Simpur Kecamatan Ulu Talo, Desa Kemang Manis, Kecamatan Semidang Alas dan Desa Gunung Bantan kecamatan Semidang Alas. Ketiga desa ini belum pernah mendapatkan sinyal dan memang menjadi tujuan pemasangan BTS kali ini. Dengan tujuan agar akses desa bisa terbuka dan juga untuk pembangunan.



“Pada 2018 ini memang tiga titik terlebih dahulu. Dipastikan pada 2020, Seluma merdeka sinyal,” tegasnya.

Program merdeka sinyal ini, kata Hendrsyah, membutuhkan anggaran. Berupa anggaran pendamping guna mendukung kegiatannya terlaksana dengan baik.  Pada 2019 Kabupaten Seluma, mendapatkan 18 unit BTS. Untuk pembangunan 18 unit BTS tersebut, desa yang ditunjuk menerima program ini diminta bisa menyediakan lahan untuk pembangunan TBS itu. Jika tidak menyediakan lahan maka BTS tidak bisa dipasang.

“Kita berharap desa bisa menyediakan lahan seluas 20 X 20 untuk memuluskan terwujudnya program ini. Selain itu, sebanyak 22 unit pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) ikut mendapatkan program jaringan internet gratis,” katanya.(333)