BTF Datangkan 35 “Buyer” Dalam dan Luar Negeri

Fachrudin Siregar
Fachrudin Siregar Pada Pembukaan BTF

bengkuluekspress.com РSebanyak 35 pengusaha agen perjalanan (Buyer) dalam dan luar negeri hadir di Kota Bengkulu dalam acara Bencoolen Travel Fair (BTF), kemarin. Kedatangan mereka disambut dengan Welcome Dinnner oleh tuan rumah ASITA  ( Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies) Bengkulu di Hotel Santika Kota Bengkulu.

BTF dibuka langsung oleh sekretaris daerah Kota Bengkulu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Drs. Fachrudin Siregar, MM.

Dalam sambutannya, Fachrudin mengapresiasi ASITA yang menyelenggarakan BTF di Kota Bengkulu. Ia akan kembali mengagendakan acara-acara seperti ini. Pasalnya Ia sadar Kota Bengkulu memiliki potensi wisata yang bisa bersaing.

“Kita akan kembali menyelanggarakan even seperti ini, dengan bekerjasama dari Stakeholder terkait serta legislatif. Karena saya sadar bahwa Bengkulu memiliki potensi wisata yang bagus,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua ASITA Bengkulu, Kurnia Lesandri mengatakan, BTF ini adalah even pertama yang digelar di Kota Bengkulu yang mengarah ke penjualan potensi wisata daerah. Dengan mengundang langsung para pengusaha agen perjalanan ke Kota Bengkulu, diharapkan nantinya mereka bisa menceritakan kembali kepada calon pembeli lain didaerah masing-masing.

“Nantikan setelah mereka mencoba dan merasakan potensi wisata di Kota Bengkulu. Mereka akan menceritakannya. Dari testimoni inilah akan muncul pembeli-pembeli baru,” terang Andri sapaan akrab Ketua ASITA ini.
Disisi lain, sejalan dengan potensi peningkatan kunjungan, diharapkan kegiatan seperti akan memberikan dampat terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bengkulu.

Setelah agenda welcome dinner malam ini, keesokan harinya para buyer, agen perjalan dari luar kota Bengakulu dan seller, agen lokal akan mengadakan table top. Disana seller akan menyajikan pelayanan yang akan diberikan pada buyer pada saat berkunjung ke Bumi Raflesia. Mereka juga akan bertukar kontak untuk mempererat komunikasi antar agen perjalanan.

Selain Table Top, Siangnya para tamu ini akan dibawa untuk melakukan kunjungan ke beberapa hotel di Kota Bengkulu dan dilanjutkan dengan susur mangrove pada sore hari. Di hari terakhir, para peserta mengunjungi benteng Malbourgh. Pada saat masuk ke Benteng peninggalan Inggris ini. Para tamu juga diiringi dengan sajian musik khas Bengkulu, Dol. (Angga)