BSM Bantuan Kemendiknas

BENGKULU, BE – Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan program bantuan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) RI. Beasiswa ini diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk dapat melakukan kegiatan belajar di sekolah. Bantuan ini memberikan peluang bagi siswa untuk mengikuti pendidikan dilevel yang lebih tinggi.
Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dispendik Kota Bengkulu, Drs. Anwar Baudin MPd menanggapi, pemotongan BSM yang dilakukan oleh oknum salah satu partai besar di Indonesia. Dari rilis yang diterimanya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) M. Nuh menyatakan dari 15,5 juta rumah tangga sasaran yang mendapat kompensasi, terdapat 13,5 juta anak yang akan mendapat BSM. Data ini berdasarkan perhitungan oleh tim nasional percepatan penuntasan kemiskinan (PNP2K) dan Dispendik Kota Bengkulu.
“Bantuan ini dari Kemendiknas yang dicairkan langsung melalui kantor POS,” jelasnya.
Lanjut Anwar untuk menghidari pemotongan tersebut, para orang tua diminta mencairkan sendiri sevara langsung BSM tersebut tanpa perantara. Selain itu, orang tua diminta untuk tidak mempercayai oknum yang menawarkan bantuan pencairannya.
“Dalam petunjuk teknis, pengambilan bantuan ini harus dilakukan sendiri oleh siswa penerima bukan diwakili,”ungkapnya.
Lanjutnya, tahun ini adalah menginjak tahun ke 2 siswa dikota Bengkulu mendapatkan BSM. Dan dalam pendistribusiannya dilakukan oleh siswa itu sendiri. (128)