BS Targetkan SAKIP dan RB Minimal B

RAPAT: Pemda BS menggelar rapat persiapan penilaian SAKIP dan RB, Rabu (25/8).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Pemda Bengkulu Selatan (BS) saat ini terus melakukan rapat persiapan evaluasi terkait kesiapan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) untuk Pemkab BS. Pasalnya, penilaian SAKIP dan RB ini rencananya akan dilakukan tanggal 27 Agustus lusa. Penilaian tersebut secara virtual oleh pihak KemenPAN-RB. Oleh karena itu, Pemda BS menargetkan penilaian SAKIP dan RB tahun 2021 ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

“Target kita minimal bisa B,” kata Sekda BS, Yudi Satria SE MM usai rapat persiapan, Rabu (25/8).

Dikatakan Yudi, selama ini sebenarnya tidak ada kendala terkait penilaian SAKIP dan RB Pemda BS. Hanya saja untuk predikat BS selalu mendapat C. Hal ini lantaran masih kurangnya koordinasi antara OPD teknis. Sehingga saat ini akan dilakukan koordinasi yang baik untuk meraih peningkatan tersebut.

“Dengan penilaian SAKIP dan RB diharapkan adanya sistem koordinasi yang baik BS,” ujarnya.

Dijelaskan Yudi, adapun tujuan evaluasi penilaian SAKIP tersebut untuk melihat tingkat akuntabilitas kinerja atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintah yang berorientasi kepada hasil dan memberikan saran perbaikan yang diperlukan. Pelaksanaan evaluasi SAKIP tahun 2021, sambungnya seluruhnya dilakukan langsung oleh Deputi RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB. Sedangkan pelaksanaan evaluasi reformasi birokrasi (RB), bertujuan menilai kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif dan efisien dan mampu memberikan pelayanan publik yang baik.

“Kita sudah persiapkan dengan baik, semoga saat penilaian nanti tidak ada kendala,” harap Yudi. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*