BS Gelar Lomba Desa Wisata

Drs H Yulian Fauzi MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka memajukan dunia pariwisata di Bengkulu Selatan (BS), dinas pariwisata BS saat ini terus melakukan pembinaan terhadap desa-desa yang berpotensi sebagai desa wisata. Bahkan untuk memotivasi desa dalam memaksimalkan potensi wisata di desanya dinas pariwisata menggelar lomba desa wisata.

“Saat ini kami melakukan seleksi desa wisata di BS,” kata Kepala Dinas Pariwisata BS, Drs H Yulian Fauzi MAP.

Dikatakan Yulian, saat ini di BS ada 16 desa yang memiliki potensi wisata yakni Desa Batu Ampar, Bumi Agung, Kayu Ajaran, Air Tenam, Talang Tinggi, Ketaping, Bandar Agung, Pasar Pino, Sukajaya, Lubuk Langkap, Kota Bumi dan Gedung Agung. Kemudian Lubuk Sirih Ulu, Muara Danau, Sukarami, dan juga Desa Tumbuk Tebing. Saat ini pihaknya sudah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa wisata tersebut. Para pokdarwis tersebut diberikan pembinaan. Sehingga mereka siap mengelola potensi wisata di desanya.

“Kami akan terus mendampingi semua pokdarwis dalam memaksimalkan potensi wisata di desanya. Setelah lomba desa wisata se BS, Yulian mengaku, pemenang lomba desa wisata kabupaten nantinya akan diikutkan lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu.

“Lomba desa wisata tingkat Provinsi akan digelar November mendatang,” bebernya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau para pokdarwis di 16 desa wisata di BS agar dapat memaksimalkan potensi yang ada di desanya, sehingga kunjungan wisata di desanya semakin meningkat. Dengan begitu, akan berdampak pada perekonomian masyarakat desa.

“Semoga dengan adanya momen ini, semua potensi wisata tersebut dapat dikelola maksimal dan kunjungan wisata juga semakin ramai,” harap Yulian Fauzi. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*