BS Dapat Reward Rp 1,98 M

KOTA MANNA, BE – Meskipun target perolehan PBB tak tercapai.Akan tetapi pemerintah pusat tetap memberikan reward atau penghargaan kepada Pemkab BS senilai Rp 1,98 miliar.

Hal ini diungkapkan Kabid Pendapatan DPPKAD  BS, Ir Susmanto MM kepada BE kemarin. Menurutnya, target perolehan PBB Rp 1,5 M tahun 2012 ini memang tidak tercapai. Berdasarkan laporan dari Bank Bengkulu, hingga 8 Nopember lalu jumlah perolehan PBB BS baru mencapai Rp 840,69 juta atau baru mencapai 53 persen.

Namun perolehan PBB itu telah melebihi Renpen (Rencana pendapatan) yang besarnya Rp 713,69 juta. Sehingga dari Renpen itu perolehan PBB telah mengalami surplus sebesar Rp 127 juta.”Pemberian reward itu berdasarkan Renpen. Karena dari Renpen perolehan PBB sudah over target, maka BS diberikan reward,” ujarnya.

Dikatakannya, pemberian reward perolehan PBB dari pemerintah pusat itu nantinya akan diterima ole Pemkab BS akhir tahun 2012 ini dan akan menjadi sumber PAD BS. “Diperkirakan dana reward itu akan masuk ke kas daerah BS pada minggu ke 3 Desember mendatang,” ujar mantan Dirut PDAM Tirta Manna tersebut.

Meski dipastikan mendapatkan reward, namun Susman mengimbau agar para kepala desa tetap menagih sisa PBB yang saat ini belum dibayarkan oleh para wajib PBB. Saat ini jumlah PBB yang belum tertagih masih menyisakan sebanyak Rp 659,31 juta. “Ya kalaupun sudah mendapat reward, kami tetap ingatkan agar dalam sisa waktu satu bulan ini, sisa tagihan PBB itu dapat dilunasi oleh semua wajib PBB. Untuk itu kepada semua kepala desa agar segera menagih semua sisa PBB yang belum dibayar agar perolehan PBB mencapai 100 persen yang tentunya PAD BS akan meningkat,” terangnya.(***)