BS akan Pertahankan Kabupaten Sehat

RAPAT: Bappeda dan Asisten1 Setda Bengkulu Selatan menggelar rapat terkait rencana evaluasi kabupaten sehat baru-baru ini.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Setelah tahun lalu mendapat penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dari Kemenkes Republik Indonesia (RI), Pemda Bengkulu Selatan (BS) tahun ini akan berusaha untuk mempertahankan penghargaan tersebut.

Oleh karena itu, bersama tim pembina kabupaten sehat, Pemda BS melakukan rapat evaluasi kegiatan kabupaten sehat tahun lalu.

“Kita juga menyusun persiapan perencanaan kegiatan tahun depan guna meraih kembali penghargaan yang lebih tinggi,” kata Kepala Bappeda dan Litbang BS, Sukarni SP MSi.

Dikatakan Sukarni, penghargaan sebagai kabupaten sehat lantaran BS menjadi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintergasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Sehingga sebagai kesiapan untuk tahun depan, maka sejak dini harus mulai disusun terkait rencana aksi yang akan dilakukan semua pihak.

“Kita akan terus berupaya terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat. Kedepan dengan terus dilakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya berprilaku hidup sehat,” bebernya.

Asisten I Pemda BS, Yunizar Hasan SH MAP mengatakan secara khusus Pemkab BS menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada jajaran kesehatan dan tim yang telah berkontribusi dalam mewujudkan kebupaten sehat.

Ke depan harus terus ditingkatkan dan dibenahi, supaya penghargaan yang diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan kembali. Sebab, Program ini bukan semata-mata tanggung jawab instansi kesehatan, melainkan semua OPD harus terlibat dan mendukung sesuai Tupoksinya.

“Semua OPD harus berperan aktif, maka perlu dilakukan evaluasi bersama untuk aksi kedepan,” ujar Yunizar. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*