Brimob, TNI dan SAR Arung Jeram

Air Terjun Luang Tengah (1)LEBONG UTARA,Bengkulu Ekspress – Jika tidak ada kendala, sebelum jalur arung jeram di Kabupaten Lebong diresmikan, Brimob bersama Kodim dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Bengkulu terlebih dahulu menjajal jeram sungai yang mengalir dari Kabupaten Lebong hingga ke Bengkulu Utara tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan pada 21 Agustus.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia peresmian jalur arung jeram, Ir Eddy Ramlan ST MT.

“Tim Basarnas Bengkulu sendiri sudah melakukan latihan pengarungan di Sungai Ketahun ini pada 12 dan 13 Agustus lalu. Rencanaya pada 21 Agustus kembali dilakukan kegiatan pengarungan dengan melibatkan Sat Brimob Polda Bengkulu dan Basaranas,” ujar Eddy.

Ditambahkan Eddy, latihan pengarungan oleh anggota Basarnas Bengkulu beberapa waktu lalu melibatkan 18 anggota Basarnas. Peserta ini mendapat materi pelatihan langsung dari penggiat sekaligus instruktur arung jeram Basarnas Medan Provinsi Sumatera Utara, Ady Pandawa.

“Karena Basarnas pasti turun jika terjadi bencana, maka anak-anak perlu latihan supaya siap saat dibutuhkan,” kata Eddy.

Dansat Brimob Polda Bengkulu AKBP Farid Bachtiar Effendi SIK pada saat mendampingi Kapolda Bengkulu melakukan kunjungan ke Lebong menuturkan, kegiatan pengarungan yang akan dilakukan pada tanggal 21 Agustus nantinya  menurunkan tiga perahu. Selain anggota Brimob, Tim Basarnas, TNI, Polres Lebong juga ikut serta.

“Tanggal 20 Agustus nanti rencananya sudah tiba di Lebong, tanggal 21 kita turun,” kata Farid.(777)