BRI Cabang Curup Dorong Kebangkitan UMKM

foto Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Curup, David A Saxono

CURUP, bengkulu ekspress.com – Untuk mendorong membangkitkan pelaku UMKM saat pandemi Covid-19 saat ini, BRI Cabang Curup meluncurkan dua program kredit dengan suku bunga yang kecil bahkan hampir sama dengan suku bunga KUR.
Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Curup, David A Saxono menjelaskan, dua program kredit untuk membantu bangkitnya para pelaku UMKM termasuk di wilayah kerja BRI Cabang Curup tersebut adalah Kupedes Bangkit untuk Mikro dan KMK Tangguh untuk Ritel.
“Saat ini kita sudah menyiapkan kredit untuk membantu pengusaha dalam membangkitkan usahanya saat pandemi Covid-19 ini, yaitu untuk Mikro Kupedes Bangkit dan untuk Ritel ada KMK Tangguh,” terang David.
Dua jenis kredit yang diluncurkan oleh BRI tersebut, menurut David adalah untuk membantu pengusaha atau pelaku UMKM yang beberapa bulan terakhir ini terdampak Covid-19. Kemudian seiring dengan bangkitnya kembali perekonomian masyarakat karena penerapan adaptasi kebiasaan baru, para pelaku usaha tersebut membutuhkan modal, sehingga BRI siap membantu.
“untuk persyaratannya sendiri sama dengan kredit pada umumnya, sedangkan besarannya untuk Kupedes Bangkit sampai Rp 200 juta dan KMK Tangguh bisa sampai Rp 1 miliar,” tambah David.
Kemudian untuk suku bunga yang diberikan BRI pada dua jenis kredit ini cukup ringan yaitu hanya 9,5 persen. Padahal menurut David bila tidak ada program khusus, suku bunga untuk dua jenis kredit ini sebesar 14 sampai 15 persen. Namun karena ada subsidi dari pemerintah maka menjadi 9,5 persen.
“Hingga saat ini tidak ada batasan berapa yang akan kita salurkan, namun bila nanti kantor pusat meminta untuk distop terlebih dahulu maka akan kita stop,” paparnya.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*