BRI Batasi Pengambilan BLT, 200 Penerima/Hari

Pinca BRI Manna, Rico Ardiansyah S

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) mulai Senin (12/4) sudah menyalurkan dana bantuan usaha yakni Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Untuk Usaha Menengah (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) kepada pelaku UMKM di Bengkulu Selatan (BS) untuk tahun 2021. Untuk mengantisipasi, pihak BRI Cabang Manna membatasi jumlah warga yang akan menarik uang bantuan tersebut.

“Untuk di BRI Cabang kami batasi 200 orang setiap hari sedangkan di BRI Unit kami batasi maksimal melayani 3 desa setiap harinya,” kata Pimpinan Cabang BRI Manna, Rico Ardiansyah S.

Dikatakan Rico pada tahun 2021 ini, BRI Cabang Manna menyalurkan dana Banpres untuk 21.795 penerima. BRI Cabang Manna melayani warga BS, Seluma dan Kaur. Sedangkan dari jumlah tersebut, khusus penerima banpres BPUM di BS mencapai 10.800 orang. Sedangkan selebihnya warga Kaur dan Seluma.

“Masa penyaluran dana ini hingga Juli mendatang,” ujarnya.

Dijelaskan Rico besaran dana Banpres BPUM tahun ini lebih kecil dari tahun lalu. Sebab tahun lalu warga menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta. Sedangkan tahun ini hanya Rp 1,2 juta. Untuk penerima tahun lalu khusus warga BS sebanyak 12 ribu kepala keluarga (KK). Sedangkan tahun ini baru 10.800 KK. Namun demikian dirinya memastikan jumlah tersebut akan bertambah dan ada kemungkinan lebih banyak dari tahun lalu. Sebab saat ini pendaftaran calon penerima masih dibuka. Bahkan orang yang menerima banpres tahun 2020 lalu, berpeluang besar menerima banpres kembali tahun ini. Dirinya berharap penggunaan BPUM itu diperuntukkan bagi pengembangan atau penyelamatan usaha nasabah.

“Saat ini pemerintah pusat masih membuka pendaftaran calon penerima banpres BPUM. Bagi yang belum terdaftar silahkan mendaftar ke Disperindagkop dan UKM BS, syaratnya bukan ASN/TNI/POLRI, tidak terdaftar sebagai penerima kredit usaha kecil (KUR) dan memiliki usaha,” terang Rico. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*