Bram Dermawan YouTuber Sukses Asal Bengkulu


IST/Bengkulu Ekspress
Foto Bram Dermawan

Penghasilan Sebulan Capai $14.000

Menjadi sukses merupakan impian semua orang, namun hanya sedikit sekali yang ingin berusaha lebih. YouTuber sukses asal Bengkulu Bram Dermawan membuktikan kepada seluruh orang bahwa kerja keras selalu membuahkan hasil.

REWA YOKE D – Kota Bengkulu

JIKA dua dekade yang lalu cita-cita anak SD ingin menjadi dokter, sekarang berubah menjadi YouTuber. Tentu bukan tanpa alasan pergeseran ini terjadi. Selain popularitas, karier menjadi YouTuber disebut sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan uang jutaan hingga miliaran.

Hal itulah yang dilakukan oleh Bram Dermawan, pria kelahiran Air Meles Curup Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ini telah sukses menjadi seorang YouTuber. Berawal dari hobi membuat video pendek pada akhir 2013 lalu, telah membuat pemuda ini menjadi orang kaya di usia muda.

“Awal buat video itu hanya untuk modusin teman cewek yang sedang ulang tahun dengan stop motion, kemudian videonya dishare ke Instagram dan ternyata tanggapan orang positif,” kata Bram, kemarin (27/12).

Banyaknya tanggapan positif tersebut, membuat dirinya semakin gemar membuat video pendek. Hingga akhirnya mendorong pria kelahiran 24 Agustus 1995 ini untuk terus belajar membuat video. Pasalnya Bram bukanlah seorang mahasiswa dari jurusan yang ahli membuat video akan tetapi merupakan mahasiswa jurusan sistem informasi.”Sebelumnya saya ga ngerti membuat video, cuma buat sekedar untuk iseng saja, mulai akhir 2013 itu saya mulai belajar di Youtube cara edit, cutting video hingga menambahkan text,” tutur Bram.



Setelah rutin belajar, membuat Bram mahir dalam membuat dan mengedit video. Berbekal Laptop dan handphone Blackberry Gemini, Ia mulai rajin membuat video pendek bergenre komedi dengan durasi 15 detik. Banyak karya yang telah dibuatnya, mulai dari video orang kesurupan, dimarahi guru saat telat ke sekolah hingga mengerjai orang lain.

Akan tetapi seluruh video yang dibuatnya tetap saja ada orang yang mengejek, bahkan temen-temennya di Universitas Mercubuana Yogyakarta banyak yang tidak suka dengan video yang dibuatnya. “Satu Fakultas ga ada yang suka video aku, malahan mereka bilang apa sih video seperti itu, garing, tidak bermutu, pokoknya ada saja orang yang ga suka dengan video yang aku buat,” ujar Bram.

Meski mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, tidak menyurutkan niatnya untuk terus membuat video. Bahkan sejak 2014 silam, sudah ratusan video dibuatnya dan sangat diminati masyarakat dengan jumlah penonton lebih dari satu juta orang.

“Alhamdulillah karena rutin buat video, walaupun ada yang tidak suka tetapi yang suka lebih banyak,” ungkap anak bungsu dari 3 bersaudara ini.

Setelah jumlah penonton semakin banyak, Bram tidak pernah mengetahui kalau mengunggah video bisa menghasilkan uang. Tetapi setelah akun YouTubenya di pasang iklan ternyata penghasilan yang didapatkannya cukup menjanjikan. Bahkan dari akun YouTubenya saja, dalam sebulan

Bram bisa menghasilkan pendapatan mencapai $9.000 atau setara Rp 135 juta. Jumlah sebesar itu cukup fantastis untuk pendapatan seorang pemuda dengan usia 23 tahun. Belum lagi penghasilan menjadi pengisi acara dan endorse sebuah produk dari akun Instagram yang telah menghasilkan kurang lebih $5.000 per bulan.  “Awalnya belum ada penghasilan, cuma rajin upload video, tetapi setelah di pasang iklan dari bulan ke bulan penghasilan selalu meningkat,” ujar pria yang bercita-cita ingin menjadi Gubernur Bengkulu ini.

Penghasilan yang fantastis tersebut telah mengubah hidup Bram, bahkan saat ini Ia telah memiliki mobil serta apartemen mewah di Yogyakarta. Semua yang diraih tersebut merupakan kerja keras yang selama ini telah dilakukannya. Semoga apa yang telah dilakukan Bram bisa menginspirasi banyak orang khususnya para pemuda di Bengkulu untuk lebih kreatif dan produktif.(999)