BPOM Uji Sampel Kandungan Berbahaya Bahan Makanan di Pasar Panorama

FOTO IMAN/ BEME?BPOM saat mengambil sample untuk menguji adanya kandungan berbahaya didalam bahan makanan, Kamis (1806)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Bengkulu melakukan uji sample untuk mendeteksi adanya kandungan berbahaya dalam bahan pangan di Pasar Panorama Kota Bengkulu, Kamis (18/06). Ada sekitar 50 sample yang dibeli dari para pedagang dan dibawa ke lab untuk diuji.

Ada beberapa bahan berbahaya yang di cek seperti formalin, rhodamin B, boraks, pewarna yang bukan untuk makanan dan zat kimia lainnya yang sering digunakan sebagai bahan pengawet.

“Kita kembali mengecek bahan makanan yang di jual para pedagang di pasar. Hal itu untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang biasanya mencampurkan bahan kimia berbahaya di bahan makanan yang dijual. Karena dampaknya cukup berbahaya apabila dikonsumsi masyarakat,” ujar Kasi Informasi Komunikasi BPOM, Yunika Sari.

Setelah dilakukan pengecekan, dari 50 sampel yang diambil masih dalam batas aman. Semuanya menunjukan hasil yang baik dan tidak menggunakan bahan berbahaya apapun. Meskii begitu, BPOM juga akan terus melakukan pemantauan dan danaa pengecekan di setiap pasar di Kota Bengkulu sebagai langkah menuju tatanan hidup normal baru atau new normal. (Imn)