BPNB Sumbar Gelar Dialog Sinergitas

Foto : IST

Tentang Pelestarian Nilai Budaya

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu menggelar dialog sinergisitas pelestarian nilai budaya di Hotel Vista, Kota Bengkulu, Kamis (12/9) besok.

Ketua Panitia Pelaksana, Rois Leonard Arios SSos MSi menuturkan ide kegiatan ini berawal dari tuntutan UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dimana setiap daerah dituntut untuk lebih aktif dalam upaya pemajuan kebudayaan.

BPNB Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu menggagas dialog dengan seluruh dinas bidang kebudayaan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu beserta unsur perguruan tinggi, Badan Musyawarah Adat, seniman, dan pelaku budaya lainnya.

“Tujuan utama yang ingin dicapai adalah adanya sinergi, saling kordinasi, dan kerja sama setiap pemangku kepentingan dalam upaya pemajuan kebudayaan,” ungkapnya.

Acara yang akan berlangsung selama satu hari tersebut menghadirkan 4 orang narasumber yaitu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, H Budiman Ismaun, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, R Wahyu DP SH MSi dan dihadiri Kepala BPNB Sumatera Barat, Drs Suarman, serta peneliti BPNB, Silvia Devi SSos MSi. Acara tersebut akan dipandu oleh moderator Drs R Ade Hapriwijaya dan Drs Muhardi MHum.

Dialog direncanakan akan digelar selama dua sesi, sesi pertama mengangkat topik strategi dan program Provinsi Bengkulu dalam pelestarian kebudayaan di Provinsi Bengkulu, strategi dan program BPNB Sumbar dalam pelestarian Kebudayaan di Provinsi Bengkulu, serta sesi kedua mengupas pengelolaan kekayaan budaya provinsi di Bengkulu serta Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dan anugerah kebudayaan. (rls)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*