BPK Minta Aset Ditertibkan

TAIS, Bengkulu Ekspress – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bengkulu mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma menertibkan seluruh aset, serta pengelolaan aset oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Termasuk aset non bergerak yang harus ditertibkan administrasinya.

“BPK meminta seluruh aset non bergerak berupa lahan dan lainnya bisa di tertibkan administrasinya. Termasuk ditertibkan pendapatannya,” tegas Kabag Administrasi Pemerintahan Sekretariat Pemda Seluma, Nopetri Elmanto MSi kepada Bengkulu Ekspress.

Dijelaskannya, sembari menertibkan dengan menginventaris aset yang belum memiliki sertifikat dan bukti kepemilikan. Serta memastikan kepemilikan serta pengelolaan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah(OPD). “Ada beberapa titik aset yang dikelola oleh OPD belumlah terlaksana. Sehingga BPK meminta untuk memastikan pengelolaan aset oleh OPD tersebut,”imbuhnya.



Nopetri menambahkan, sejauh ini sejumlah permasalahan aset non bergerak ini satu persatu sudah mulai diurai dan di selesaikan. Bahkan, beberapa titik yang jelas kepemilikan sudah ditingkatkan dalam pembuatan surat menyurat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Namun, terlebih dahulu harus memiliki asal usul aset lahan dan tanah tersebut. “Bertahap aset tanah ini akan disertifikatkan dan kita juga menyesuaikan dengan anggran tersedia,” beber Nopetri.(333)