BPJSTK Bengkulu Gerakan Perlindungan Pasar Ampera

bpjs ketenagakerjaan
foto;ist

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Bengkulu, kembali menggelar sosialisasi dan edukasi mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja di sektor informal. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, (4/4/19), untuk pertama kalinya di Pasar Ampera, Bengkulu Selatan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, Y Aris Daryanto, mengatakan, kegiatan ini bentuk edukasi dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja di sektor informal di Pasar Ampera, Bengkulu Selatan.

“Kegiatan ini merupakan edukasi dan mengenalkan BPJS Ketenagakerjaan dengan menyasar langsung pada warga yang bekerja di sektor informal. Terutama para pedagang di pasar Ampera. Tentu saja bertujuan untuk melindungi dan menjamin para pekerja di sektor informal ini,” jelasnya.

Saat ini, jumlah pedagang yang terdata di Pasar Ampera, sebanyak 750 pedagang. Melalui sosialisasi ini, Aris berharap, para pedagang akan sadar akan pentingnya perlindungan dalam bekerja.

Adapun iuran yang harus dibayarkan yakni, cuma Rp 16.800, para pedagang akan mendapatkan program Jaminan Kematian (JK) dengan premi tiap bulan Rp 6.800 dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan premi tiap bulan Rp10.000.

“Ini hak para pekerja saat melakukan pekerjaan. Hak dari negara yang memberikan program perlindungan sehingga mereka harus berkontribusi untuk mendaftarkan diri dan membayarkan iurannya,” tambahnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, mengatakan, Ia sangat mendukung kehadiran BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Ampera dengan memberikan edukasi dan pemahaman baru kepada para pedagang tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Saya akan mengusahakan agar 750 pedagang di Pasar Ampera ini nanti tertib mengikuti program pemerintah dan akan di anggarkan perlindungannya selama 1 tahun,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri Plt Bupati Bengkulu Selatan, Kepala Disperindag dan UMKM, Kepala Cabang BPJS Bengkulu, serta 100 pedagang Pasar Ampera, Bengkulu Selatan. (Kkj/Prw)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*