BPJS Tunjuk Kelurahan Tes, Sebagai Percontohan

Logo+BPJS+KESEHATAN+center
Foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup menunjuk Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan sebagai desa atau kelurahan percontohan miniatur yang memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Lebong. Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup, Safrudin Imam Negara SSi mengatakan, bahwa dibuatnya desa atau kelurahan menjadi miniature JKN merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat setempat naik. Sehingga masyarakatnya lebih produktif dari berbagai hal.

“Untuk itulah di Kabupaten Lebong ditunjuk satu sebagai percontohan, yaitu Kelurahan Tes,” jelasnya, kemarin (24/3).

Ditunjuknya Kelurahan Tes sebagai miniatur JKN dikarenakan Kelurahan Tes saat ini masyarakatnya yang telah mendapatkan jaminan kesehatan sudah cukup tinggi di atas rata-rata dan tingkat menunggak masyarakatnya rendah.

“Selain itu, Kelurahan Tes memiliki 2 tempat pelayanan kesehatan yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Perawatan Tes dan praktek dokter,” ujarnya.



Dimana penunjukan Kelurahan Tes sebagai miniatur JKN telah dilakukan sejak bulan Noveber 2018 yang lalu dan tercatat sejak ditunjuk hingga bulan Januari 2019 didapat capaian masyarakat yang telah mendapatkan layanan kesehatan mencapai 96,48 persen.

“Atau sudah mencapai bahkan melebihi Universal Health Coverage (UHC),” ujarnya Dengan capaian tersebut maka saat ini tinggal meningkatkan taraf kesehatan masyarakatnya dengan cara melakukan kegiatan kesehatan lainnya, seperti senam yang diselenggarakan minimal 1 kali dalam 1 minggu, pemeriksaan rutin kesehatan yang dilakukan di Puskesmas maupun praktek dokter serta berbagai kegiatan kesehatan lainnya.  “Hal tersebut saat ini terus dilakukan,” tutup Safrudin Imam. (614)