BPJS Ketenagakerjaan Berikan Pelatihan Program Vokasi Bagi 100 Orang Eks Peserta

FOTO RIZKA/BE – Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, M. Imam Saputra berpoto bersama Kepala UPTD BLK Bengkulu, Mardian Sonpri, setelah membuka pelatihan Program Vokasi Indonesia.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Bengkulu bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan Program Vokasi Indonesia Bekerja. Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, M. Imam Saputra dan Kepala UPTD BLK Bengkulu, Senin, (11/11/19) di Gedung BLK Bengkulu.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, M. Imam Saputra, mengatakan program pelatihan vokasi ini merupakan program BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui pemberian pelatihan keterampilan kepada peserta yang telah mengalami pemutusan kerja atau berhenti dari pekerjaannya sehingga meningkatkan kompetensi peserta yang pada akhirnya dapat meningkatkan peluang kerja. Dari sisi perusahaan program vokasi bertujan agar perusahaan dapat memperoleh pekerja sesuai dengan kebutuhan.

Ada beberapa syarat untuk menjadi peserta pelatihan program vokasi Indonesia bekerja. Peserta sudah pernah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan minimal masa iuran 12 bulan dan maksimal usia 40 tahun serta bersedia mengikuti pelatihan dengan bersungguh-sungguh sampai selesai.

“Saat ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat, sehingga dengan adanya pelatihan ini dapat membantu para peserta yang masih produktif untuk terus berkarya. Untuk tahap pertama peserta yang mengikuti pelatihan program vokasi indonesia bekerja ini, sebanyak 32 orang untuk kelas otomotif sepeda motor. Pelatihan ini akan dilakukan selama 20 kali pertemuan di gedung BLK Bengkulu, dan diharapkan jelang akhir tahun ini BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu telah dapat memberikan pelatihan untuk 100 orang peserta,” jelas M. Imam Saputra.

Kepala UPTD BLK Provinsi Bengkulu, Mardian Sonpri, S.Sos, sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan dengan BPJS Ketenagakerjaan ini, ia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan peserta yang siap bersaing, dimana selama pelatihan peserta akan mendapatkan pembekalan keterampilan dan serifikasi pelatihan.

“Kedepan dengan meningkatnya skill, pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk dapat bekerja kembali atau mereka bisa membuka usaha sendiri,” ujar Mardian Sonpri, S.Sos.(Kkj/Prw)