BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi Antar Lembaga Kabupaten Rejang Lebong

Curup, Jamkesnews – Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sebuah amanat yang dalam praktiknya tidak hanya dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan saja, tetapi membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah juga fasilitas kesehatan yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan. Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Curup melaksanakan pertemuan dengan para pemangku kepentingan utama di Kabupaten Rejang Lebong, Senin (22/09).

“Kita berharap pertemuan kali ini bisa menghasilkan ide-ide yang segar demi kemajuan dalam pelaksanaan Program JKN-KIS. Kita juga membahas beberapa permasalahan yang merupakan titipan langsung dari masyarakat kita di Rejang Lebong terutama tentang pelayanan kesehatan. Kita akan cari tahu akar permasalahannya dan mencari jalan keluar yang terbaik,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong R.A. Deni.

Adapun fokus dari forum kemitraan pemangku kepentingan ini adalah mengevaluasi penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kabupaten Rejang Lebong dan melakukan review tentang pelayanan kesehatan baik jumlah biaya, capaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) serta keluhan dan saran di fasilitas kesehatan.

“Kita juga membahas tentang pelayanan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Curup karena BPJS Kesehatan diberikan amanah untuk melakukan verifikasi klaimnya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup Novi Kurniadi.

Novi juga meminta dukungan dari semua pihak yang terlibat untuk pelaksanaan Program JKN-KIS yang lebih baik. Diantaranya yaitu dukungan komitmen dari fasilitas kesehatan untuk mengajukan berkas klaim sebelum jatuh tempo untuk menghindari klaim pending atau kadaluarsa klaim sehingga tidak menimbulkan penundaan pelayanan kesehatan kepada Peserta JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan tentu saja tidak bisa melaksanakan program ini sendiri saja. Banyak pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya. Kita berharap kita bisa bekerja sama dengan memberikan saran dan masukan yang membangun,” ujarnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*