BPJS Kesehatan Luncurkan Pandawa

Pelayanan yang dilakukan dikantor cabang BPJS Kesehatan Cabang Curup, saat ini pelayanan bisa dinikmati peserta JKN-KIS langsung dari rumah melalui program Pandawa.

CURUP, bengkuluekspress.com – Untuk memaksimalkan pelayanan kepada perserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 ini. BPJS Kesehatan saat ini telah meluncurkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa).

“Pelayanan melalui whatsapp ini, diluncurkan dari pusat, namun untuk pelayananannya dilakukan di masing-masing cabang, atau setiap cabang ada satu nomor WA khusus untuk program ini,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Novi Kurniadi melalui Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Wely Trisna Aprinanda.

Dengan program Pandawa ini, peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan bisa menikmati 10 layanan BPJS Kesehatan yaitu pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga menjadi peserta, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan.

Kemudian perubahan data golongan dan gaji peserta, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifikan kembali peserta yang sebelumnya non aktif.

“Nomor pandawa disetiap cabang berbeda, khususnya untuk BPJS Kesehatan Cabang Curup nomor Pandawanya 085267379215,” tambah Wely.

Oleh karena itu, untuk peserta JKN-KIS yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup yang meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara yang ingin mendapatkan 10 layanan tersebut bisa menghubungi nomor Pandawa BPJS Kesehatan Cabang Curup. Bila memang nanti ada pertanyaan peserta diluar pelayanan program Pandawa, maka menurut Wely akan mereka alihkan ke kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

“Dalam program Pandawa ini, layanan benar-benar cukup dengan WA, termasuk untuk persyaratan berkas, peserta cukup memfoto kemudian mengirimkan ke WA nanti petugas kita akan memprosesnya,” papar Wely.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program Pandawa ini selain untuk mengurangi kunjungan ke kantor untuk menghindari kerumuman orang atau menjaga jara di masa pandemi Covid-19 ini. Keberadaan program Pandawa ini sangat membantu peserta yang tingal jauh dari kantor-kantor BPJS Kesehatan. Bahkan sejak penerapan program Pandawa tersebut kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup berkurang drastis karena biasanya dalam sehari jumlah kunjungan mencapai 50 orang sejak adanya pandawa ini hanya sekitar 20 orang.

“Penerapan program Pandawa ini, berlaku hampir untuk semua nasabah, kecuali untuk nasabah mandiri kelas III, PBI dan BP Pemerintah mereka masih bisa mengurus ke kantor, tapi kalau mereka punya WA dan mau melalui Pandawa juga boleh,” demikian Wely. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*