BPJS KESEHATAN LAYANI PESERTA DENGAN SEPENUH HATI

Narasumber : Renita

Curup, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Curup berkomitmen untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi virus Covid-19 yang masih menjadi permasalahan semua penduduk di dunia.

“Pandemi virus Covid-19 masih belum berakhir. Kita sama sekali tidak boleh lengah dalam menjalankan protokol kesehatan demi melindungi diri kita sendiri begitu juga dengan keluarga. Hal ini juga yang melatarbelakangi kami untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang benar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup. Kita juga pastikan seluruh pegawai kita yang melayani harus memakai alat pelindung diri diantaranya masker, face shield, sarung tangan serta dalam kondisi yang bugar. Kesehatan peserta kita berharga,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup Wely Trisna Aprinanda (15/12).

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup diwajibkan untuk memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dengan peserta yang lain.

“Kita sudah menjalankan masa transisi dalam menyesuaikan ritme pelayanan kepada peserta JKN-KIS dalam masa pandemi ini. Kita sempat melakukan pembatasan hanya untuk beberapa layanan tertentu saja, lalu masa dimana pembatasannya sudah dicabut dan pelayanan kembali seperti biasa dengan tetap menjalankan standar pelayanan yang sesuai dengan anjuran pemerintah dengan tetap melaksanakan physical distancing. Kini kita juga kembali membatasi akses peserta yang datang ke kantor hanya untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas III serta peserta pensiunan. peserta dari segmen kepesertaan yang lain kita arahkan untuk mengakses administrasi melalui kanal-kanal pelayanan yang kita miliki,” ujarnya.

BPJS Kesehatan memberikan beberapa opsi pilihan layanan yang bisa diakses melalui Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, aplikasi Chat Assistant JKN (CHIKA) maupun Voice Interactive JKN (VIKA) serta Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi WhatsApp (PANDAWA).

Renita (18) merupakan salah seorang peserta JKN-KIS dari segmen kepesertaan PBI yang datang mengurus berkas administrasi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup.

“Saya merasa dilayani dengan baik. Kebetulan berkas adminitrasi yang mau diurus harus datang kantor BPJS Kesehatan, tapi saya senang karena seluruh pegawai yang mengurus berkas saya memakai alat pelindung diri dengan lengkap. Bahkan memakai alat pengeras suara agar suara yang dikeluarkan jelas terdengar. Kita juga diingatkan untuk mencuci tangan sebelum masuk, dicek suhu tubuh serta disarankan untuk menjaga jarak dengan peserta lain. Pegawainya sangat memperhatikan protokol kesehatan dengan baik,” ujarnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*