BPJS Kesehatan dan Pemkab Kepahiang Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Bengkulu
Ist/Bengkulu Ekspress Penandatangan Komitmen antara BPJS Kesehatan Cabang Curup dengan Pemerintah Kepahiang Lebong terkait dengan pelayanan kesehatan terbaik

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kepahiang yang sakit terutama bagi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Cabang Curup dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melakukan penandatangan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

Penandatangan komitmen bersama tersebut dilaksanakan di Ruang Bupati Kepahiang pada Rabu (7/6) kemarin. Penandatangan komiten tersebut dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Rizki Lestari Ssi Apt AAAK didampingi Kepala Kabupaten Kepahiang Dody Wijaya, SKM dan Kabid Penjaminan Manfaat Rujukan, dr Dicky Permana Putra dengan Direktur RSUD Kepahiang dr Febi Nur Sanda yang disaksikan dan didukung penuh oleh Bupati Kepahiang Dr Ir H Hidayatullah Sjahid MM.

Dalam arahannya Bupati Kepahiang, Dr Ir H Hidayatullah Sjahid MM menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepahiang concern dan mendukung dan berkomitmen untuk memberikan pelayaanan terbaik bagi Kabupaten Kepahiang. “Pemerintah Kabupaten Kepahiang sangat komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Kepahiang terutama yang sudah terdaftar dalam program JKN-KIS yang dilaksanakan BPJS Kesehatan,” tegas Hidayatullah.

Lebih lanjut, bupati menjelaskan, sebagai bentuk komitmen bersama tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepahiang akan fokus terhadap kualitas layanan terbaik khususnya terkait iur biaya (biaya tambahan) yang dibebankan ke peserta di luar ketentuan yang berlaku. Dalam komitmen tertuang juga beberapa poin antara lain RSUD Kepahiang memberikan transparansi ketersediaan kamar rawat inap melalui dashboard yang ada di RS, tidak membedakan layanan kesehatan peserta JKN-KIS dan yang lainnya. “Kita juga akan mengimplementasikan Permenkes 36 tahun 2015 tentang pencegahan kecurangan serta memastikan ketersediaan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai,” tambah bupati.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Rizki Lestari Ssi Apt, AAAK menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang mendukung pemberian layanan kesehatan agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat di wilayah Kabupaten Kepahiang.  “Kita sangat mengapresiasi komitmen yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong terhadap layanan kesehatan yang baik di Kabupaten Kepahiang ini,” ungkap Rizki.

Lebih lanjut ia menjelaskan, komitmen memberikan pelayanan kesehatan yang baik ini juga sudah dilakukan oleh beberapa kabupaten yang berada diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup yaitu Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan menyusul Lebong.

Dalam kesempatan tersebut, Rizki Lestari juga menghimbau masyarakat Kepahiang pada khususnya dan masyarakat Bengkulu pada umumnya untuk menjadi peserta JKN-KIS sebelum sakit dan bayarlah iuran tepat waktu agar semua masyarakat dapat memiliki jaminan kesehatan dan memiliki dokter pribadi melalui FKTP yang senantiasa memantau kondisi kesehatan masyarakat di wilayah kerja Cabang Curup.

Ditambahkan Rizki Lestari,  pada taahun 2017 merupakan tahun Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan seluruh Indonesia. Tahun Fasilitas Kesehatan merupakan tahun dimana seluruh layanan kesehatan yang terdiri dari FKTP (puskesmas, dokter praktik perorangan baik dokter umum dan dokter gigi, klinik pratama) dan FKRTL (RS dan Klinik Utama) memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif sesuai dengan standar layanan kesehatan agar berdampak pada kepuasan peserta JKN-KIS khususnya diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup.(ary/prw)