BPJS Kesehatan Curup Pantau Langsung Distribusi KIS di Lapangan

Curup, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Curup melaksanakan spot check guna memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) mendapatkan kartu dalam bentuk fisik yang sebelumnya sudah didistribusikan kepada peserta JKN-KIS yang berhak.

“Kita mau melihat apakah peserta JKN-KIS dari sektor kepesertaan PBI ini sudah memegang kartu fisiknya atau belum, karena kita bekerja sama dengan pihak ketiga dalam membantu kita untuk pendistribusiannya. Kita juga ikut bertanggung jawab mengawal keseluruhan prosesnya sampai kepada penerimanya,” ujar  Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup Wely Trisna Aprinanda, Senin (07/12).

Wely menyampaikan bahwa kegiatan spot check kali ini dilakukan dengan metode sampling terhadap peserta JKN-KIS yang terdaftar dalam sektor PBI yang didaftarkan pada tahun 2020.

“Sejauh yang kita periksa secara sampling, pesertanya sudah menerima semua. Dinas Kesehatan Rejang Lebong bekerja dengan gesit sekali melalui jaringan fasilitas kesehatan baik Puskesmas hingga bidan desa,” ujarnya.

Adapun daerah yang dituju adalah Desa Watas Marga yang terletak di Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong. Inem, salah satu peserta PBI di daerah setempat, mengaku sudah menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Kartunya sudah kami terima. Satu keluarga lengkap semua. Waktu itu diserahkan sama bidan desa, katanya kami dapat bantuan dari pemerintah. Program JKN-KIS yang tidak perlu bayar iuran katanya. Tidak hanya saya sendiri, tapi sama anggota keluarga yang lain juga kebagian. Alhamdulillah. Saya sudah punya jaminan kesehatan, tidak perlu khawatir lagi kalau misalnya harus berobat karena sudah ada KIS. Rasa hati jadi tentram,” ujar Inem.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*