BPJS Kesehatan Curup Adakan Evaluasi Penyelenggaraan JKN-KIS di Kab. Rejang Lebong

 

Curup, Jamkesnews – Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sebuah amanat dari pemerintah yang dalam praktiknya tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh BPJS Kesehatan saja, tetapi membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah serta dari fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Curup menggelar forum kemitraan dengan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Senin (28/04).

“Kita tetap fokus dalam mengevaluasi penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kabupaten Rejang Lebong. Review tentang pelayanan kesehatan baik jumlah biaya, capaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) serta keluhan dan saran di fasilitas kesehatan. Idealnya kegiatan ini memang dilaksanakan secara berkala agar kita bisa melaksanakan perbaikan dari waktu ke waktu,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Novi Kurniadi.

Ia mengatakan, BPJS Kesehatan Cabang Curup bersama dengan para pemangku kepentingan utama di Kabupaten Rejang Lebong membahas tentang penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kita juga membahas beberapa permasalahan tentang pelayanan kesehatan. Kita akan cari tahu akar permasalahannya dan mencari jalan keluar yang terbaik. Terutama semua instansi yang berhubungan langsung untuk melayani peserta JKN-KIS dalam kesehariannya. Kita akan evaluasi agar senantiasa memberikan performa yang baik, terutama di fasilitas kesehatan. Kita tidak ingin dengar lagi ada keluhan perbedaan perlakuan terhadap peserta JKN-KIS atau obat yang tidak tersedia sehingga peserta dipaksa membeli sendiri. Tidak boleh lagi ada yang seperti itu,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, R.A. Deni.

Deni juga tidak lupa meminta dukungan dari semua pihak yang terlibat untuk pelaksanaan Program JKN-KIS yang lebih baik.

“Saya berharap kita bisa melaksanakan tugas dan kewajiban kita dengan baik. Karena yang kita layani adalah masyarakat kita sendiri, jadi sudah seharusnya kita memberikan yang terbaik. Karena kita yang hadir di ruangan ini adalah perpanjangan tangan dari masyarakat juga,” ujarnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*