BPJS Kesehatan Buka Kancab Pelayanan Diminta Maksimal

FOTO RIZAL BE - Pembukaan Tirai menandai diresmikannya kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup oleh Wakil Bupati Rejang Lebong syafeCURUP, BE– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup diharapkan  dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta BPJS kesehatan di  Rejang Lebong.
Pelayanan maksimal harus diberikan kepada pendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau masyarakat  ingin konsultasi. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati, Syafewi SPd MM, kepada BE, kemarin.
Dokter dan perawat harus melayani dengan baik peserta BPJS minimal tersenyum saat sedang bersama pasien. “Jika nanti ada masyarakat  merasa mendapatkan pelayanan buruk, baik di kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup maupun saat dirawat di rumah sakit, bisa langsung laporan dengan saya,” ujar Syafewi,  dalam sambutan saat meresmikan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup, kemarin(27/10).
Dalam kesempatan itu, dia  mengatakan, atas nama Pemkab  Rejang Lebong berterimakasih kepada pihak BPJS Kesehatan. Pasalnya,  telah mempercayai Rejang Lebong sebagai salah satu tempat berdirinya kantor Cabang BPJS Kesehatan,  sebelumnya berstatus Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan. “Selama ini ada beberapa layanan BPJS Kesehatan  masyarakat butuhkan belum bisa didapatkan disini.  Dengan status menjadi kantor Cabang semua bisa dilayani sehingga masyarakat Rejang Lebong bisa sangat terbantu,” terang Wabup.
Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional III dr H Handaryo, MM mengatakan ditahun pertama ini BPJS Kesehatan masih fokus dalam memindahkan peserta yang dulunya menjadi peserta askes, Jamkesmas, Asabri untuk menjadi peserta BPJS kesehatan. Namun hingga saat ini pihak BPJS sudah mencapai target 300 persen dari yang ditentukan dimana hingga saat ini sekitar 8,3 juta penduduk di Regional III sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. “Semua ini bisa kami capai tidak lepas dari peran serta Pemerintah Daerah karena di Provinsi Bengkulu ini saja sudah 6 Kabupaten masyarakatnya sudah banyak yang menjadi peserta BPJS,” jelasnya.
Handaryo juga mengatakan, dengan konsep layanan kesehatan baru ini, harapannya para dokter tidak perlu khawatir dengan cukup dan tidaknya tarif. Konsep saat ini pendapatan Rumah Sakit bukan pendapatan perdokter, pertindakan, perlayanan, dimana nanti pihak managemen rumah sakit  mengatur dan menghitung. Sehingga  dokter mendapatkan insentif lebih banyak sesuai dengan kerja para dokter. “Untuk saat ini kami akan membenahi pelayanan agar lebih baik lagi sehingga nantinya pasien tidak lagi mendapatkan pelayanan yang buruk,” katanya.
Handaryo juga mengimbau bagi masyarakat Rejang Lebong yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk segera mendaftar di kantor BPJS yang ada di jalan S. Sukowati disamping Dinas Kesehatan Rejang Lebong. Kantor BPJS Cabang Curup buka dari hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. “Masyarakat juga bisa mendaftar secara online di Website resmi BPJS dan nanti kami juga akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat yang jauh dari perkotaan dapat mengetahui informasi tentang BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (rl1)