BPJS Kesehatan Ajak Jadi Donatur JKN-KIS

Ary, piagama untuk donatur JKN-KIs (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Penyerahan piagam penghargaan kepada badan usaha yang telah menjadi donatur dalam pembayaran iuran JKN-KIS. Hingga saat ini baru dua badan usaha di Kabupaten Rejang Lebong yang menjadi donatur program JKN-KIS

CURUP, Bengkulu Ekspress – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup mengajak untuk menjadi donatur dalam program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Ajakan tersebut bisa untuk badan usaha maupun orang pribadi. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara SSi menjelaskan, ajakan menjadi donatur ini yaitu dengan menjadi pembayar iuran bulanan dari peserta JKN-KIS. Dengan program ini maka akan semakin banyak peserta JKN-KIS yang terbantu.



“Menjadi donatur ini bisa badan usaha atau justru orang pribadi yang ingin berbagi kepada sesama,” sampai Imam

Dijelaskan Imam, khusus untuk badan usaha, bisa menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada disetiap badan usaha baik badan usaha milik pemerintah maupun swasta. Anggaran yang dikeluarkan, menurut Imam tidaklah terlalu bisa, ia mencontohkan untuk satu orang peserjat JKN-KIS dengan kelas pelayanan kelas III iuran dalam satu tahunnya hanya sebesar Rp 300 ribu setiap tahunnya.

Hingga saat ini, menurut Imam, sudah ada dua badan usaha di Kabupaten Rejang Lebong yang menjadi donatur untuk masyarakat yang ada disekitar mereka. Kedua badan usaha tersebut yaitu Klinik Caesar Kota Curup dan Optik Joeda Kota Curup. Dalam program donasi badan usaha tersebut Klinik Caesar akan menjadi donatur untuk 100 orang peserta JKN-KIS sedangkan Optik Joeda untuk 50 orang peserta JKN-KIS.

“Untuk saat ini memang baru Klinik Caesar dan Optik Joeda yang telah menjadi donatur diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup, sisanya saat ini masih dalam tahap penjajakan,” terang Imam.

Ia berharap, kedepannya akan semakin banyak masyarakat atau badan usaha yang berpartisipasi menjadi donatur JKN-KIS. Karena menurut imam dengan semakin banyaknya badan usaha dan masyarakat yang berpartisipasi, maka akan semakin banyak masyarakat yang terbantu sehingga program pemerintah pusat yaitu cakupan semesta JKN-KIS bisa terealisasi pada akhir tahun 2018 ini. “selain mensukseskan program pemerintah, dengan menjadi donatur juga bisa membantu mengurangi beban anggaran pemerintah daerah dalam hal program JKN-KIS,” sampai Imam.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM juga mengajak masyarakat atau badan usaha untuk menjadi donatur dalam program JKN-KIS tersebut. Terlebih lagi untuk badan usaha, Wabup berharap untuk menyisihkan sebagian dari omzet mereka untuk dana CSR, sehingga menurutnya hubungan antara badan usaha dengan masyarakat sekitar tetap harmonis. “Kita berharap kesadaran dari badan usaha untuk menyisihkan dana untuk program CSR yang bisa dimanfaatkan salah satunya untuk program JKN-KIS ini,” harap Wabup. (251)