BPJS Efektif 2014

jaminan sosialBENGKULU, BE –  Kepala Divisi Regional III PT. Askes dr. Erna Wijaya Kesuma mengatakan bahwa dalam beberapa tahun kedepan jaminan kesehatan seluruh masyarakat terutama di Bengkulu akan dijamin oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). BPJS efektif berlaku tahun 2014 dan diharapkan seluruh masyarakat menjadi peserta BPJS kesehatan.

“Selanjutnya dalam realisasinya BPJS akan dibagi dalam dua kategori yakni, BPJS I yang merupakan masyarakat yang sebelumnya sudah menjadi anggota askes dan BPJS II yang akan mengakomodir peserta dari unsur TNI/Polri dan peserta Jamsostek sebelumnya serta peserta Jamkesda yang akan dibicarakan kemudian penyertaannya,” ujarnya, usia rapat bersama Asisten III Setda Pemprov Drs. Herry Syahriar, MM, kemarin (1/3).

Dia mengatakan,  PT. Askes sebagai salah satu pemberi jaminan sosial tersebut diungkapkan bahwa seluruh penjamin sosial yang ada saat ini akan disatukan dalam satu badan khusus sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 12 tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 101 tahun 2012. Dengan adanya peraturan tersebut maka pihak PT. Askes selaku pemberi jaminan sosial jelas harus bertransformasi menjadi badan publik.

“Penerapan BPJS tersebut di tahun 2014,  menambahkan dalam waktu satu tahun kedepan rencana tersebut haruslah dipersiapkan secara matang dan mendapatkan dukungan dari semua pihak,” katanya.

Diharapkan dengan meningkatkan sinergisitas bersama maka pada tahun depan rencana tersebut sudah dapat mencakup seluruh masyarakat yang membutuhkan jaminan sosial kesehatan. Regional III PT Askes  membawahi Cabang di  4 Provinsi yakni Bengkulu, Sumsel, Lampung dan Bangka Belitung.  “Karena ketika BPJS diterapkan maka akan membutuhkan sarana pelayanan kesehatan yang mencukupi karena semua orang bisa berobat dengan gratis, hal inilah yang harus didukung oleh pihak pemerintah dan swasta melalui koordinasi serta peningkatan kerjasama,” katanya.

Sedangkan, Asisten III Setda Pemprov  Drs. Herry Syahriar, MM dalam pembahasannya menyatakan siap mendukung keberadaan BPJS. Pemprov Bengkulu siap mendukung dan membantu dalam teknis persiapannya hingga satu tahun kedepan. “Ini dalam rangka melayani masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Askes Bengkulu dr. Syaiful menegaskan usai koordinasi dengan Pemprov Bengkulu bersama regional III PT. Askes tersebut, dirinya bersama jajaran PT. Askes Cabang Bengkulu akan bergerak cepat dan menindaklanjutinya.

“Diharapkan dalam waktu satu tahun kedepan kami sudah dapat menyelasikan persiapan teknis dan instrument yang siap dijalankan, sehingga pada tahun 2014 seluruh masyarakat Bengkulu sudah menjadi peserta BPJS I bagi mereka yang pernah menjadi anggota askes sebelumnya dan pada tahun 2015 BPJS II juga bisa segera diberlakukan bagi peserta dari penyelenggara jaminan sosial dari Jamsostek dan TNI/Polri serta peserta Jamkesda yang rencananya juga disertakan,” imbuhnya singkat (100)