BPBD Latih TRC Desa

Foto : Kalak BPBD Benteng, Drs Tomi Marisi MSi

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar pelatihan kepada seluruh Tim Reaksi Cepat (TRC) yang ada di setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Benteng. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Benteng, Drs Tomi Marisi MSi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan perekrutan TRC di setiap desa tahun 2016 lalu.

“Kami sudah membentuk relawan TRC di setiap desa/kelurahan. Jumlahnya 1 orang per desa/kelurahan,” kata Tomi.

Mantan Kabag Pemerintahan Setda Pemkab Benteng ini menyampaikan, pelatihan kepada TRC memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun untuk meningkatkan profesionalisme dan kesigapan personel dalam mengantisipasi serta menanggulagi bencana yang terjadi. Baik bencana longsor, banjir ataupun bencana lain yang berdampak pada kehidupan masyarakat.

“Setiap tahun kami selalu berikan arahan dan pembekalan kepada TRC desa. Meskipun belum mendapat honor atau gaji perbulan, kami harap mereka bisa bekerja secara tulus dan ikhlas. Sebab, apa yang dilakukan oleh TRC merupakan perbuatan mulia dan berdampak langsung bagi masyarakat,” kata Tomi.

Lebih lanjut, Tomi menuturkan, TRC juga menjadi salah satu perpanjangtanganan BPBD Kabupaten Benteng dalam mendeteksi perluasan dampak bencana. Dengan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat, BPBD Kabupaten Benteng bisa langsung mengambil tindakan tepat untuk menanggulangi bencana yang terjadi.

“Relawan yang ada di desa kami lengkapi dengan peralatan yang bisa dimanfaatkan selama bertugas, seperti kaos, topi, tas, mantel. Pada tahun ini, kami berikan helem yang dilengkapi dengan senter sebagai lampu penerangan ketika terjun ke lokasi bencana pada malam hari,” demikian Tomi.(135)