BPBD Kabupaten/Kota di Bengkulu Diminta Petakan Wilayah Rawan dan Tetapkan Status Siaga Bencana

ASRI/BE РJalan Manna РTanjung Sakti salah satu jalan di Provinsi Bengkulu yang rawan longsor ketika musim hujan tiba 

BENGKULU, bengkuluekspress.com – BMKG Provinsi Bengkulu memprediksi hinggga dua minggu kedepan instensitas hujan di Bengkulu masih tinggi. Sebab itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu diminta untuk menetapkan wilayahnya sebagai status siaga bencana, terutama banjir dan tanah longsor.

“Kita minta BPBD Kabupaten/Kota untuk siaga menghadapi cuaca ekstrm ini, serta mempertegas kembali titik-titik jalur evakuasi jika terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar, Kamis (26/11).

Rusdi mengatakan, penetapan status siaga bencana bertujuan agar ketika saat terjadi bencana bisa menaikan status siaga atau tanggap darurat. Dengan kondisi curah hujan intensitas tinggi masyarakat terutama yang berada di bantaran sungai dan lereng bukit untuk tetap waspada.

Sementara itu, Kepala BMKG Bengkulu Klaus Johannes Apoh Damanik ST mengatakan, potensi hujan lebat dengan durasi lama terjadi hampir di 10 kabupaten/kota. Dari prediksi itu potensi terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah Bengkulu cukup tinggi. (HBN)