BPBD Butuh Alat Berat

CURUP, BE – Dalam menangani bencana alam longsor yang kerap melanda Kabupaten Rejang Lebong saat musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong mengakui terkendala dengan ketiadaan alat berat. Menurut Kepala BPBD Rejang Lebong, Masdar Helmi SSos, saat ini mereka membutuhkan alat berat jenis Beko. Menurut Masdar, alat berat jenis tersebut memiliki multi fungsi.
“Selain untuk mengeruk material longsor alat tersebut bisa digunakan untuk mendorong ataupun mengangkut material longsor lainnya seperti kayu dan batu,” jelas Masdar.
Dengan ketiadaan alat berat tersebut, Masdar mengakui bila pihaknya mengalami kesulitan saat ada longsor besar terutama yang menutup badan jalan. mengingat evakuasi harus cepat dilakukan karena jika tidak akses jalan akan terhambat.
Selama ini upaya yang mereka lakukan dengan cara mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor. Sembari membersihkan material longsor tersebut pihaknya juga menunggu bantuan alat berat dari dinas intansi lain atau bahkan dari pihak swasta yang memiliki alat berat.
“Alat berat dari instansi lain tersebut tidak cuma-cuma melainkan menyewa, biayanya pun sangat tinggi,” jelas Masdar.
Bahkan menurut Masdar, terkadang pihaknya juga terkendala alat berat yang hendak digunakan masih dipakai oleh pihak lain. Dengan kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi proses evakuasi yang dilakukan pihaknya.
“Lain ceritanya bila kita memiliki alat sendiri, kapan terjadi bencana, kita akan langsung menurunkan alat berat tanpa ada kendala yang berarti sehingga proses evakuasi berjalan dengan cepat,” papar Masdar.
Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk menghadirkan alat berat di BPBD Rejang Lebong, pada tahun 2015 ini pihaknya sudah mengusulkan pengadaan alat berat. Terkait harganya sendiri menurut Masdar berkisar diharga Rp 1,5 miliar.
“Kita sudah sering mengajukan pengadaan alat berat, namun belum juga terealisasi. Tapi kita tidak patah arang, tahun ini kembali kita usulkan. Kita juga mendapat kabar, bila saat ini pemerintah pusat juga tengah memprioritaskan pengadaan alat salah satunya antisipasi terjadinya bencana. Mudah-mudahan Rejang Lebong mendapat bagian” harap Masdar.(251)