BPBD BU Siapkan 3 Mobil PBK untuk Masyarakat

11164194_892480797457916_1849228806_n
ARGAMAKMUR, BE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun 2015 ini siap menurunkan 3 armada mobil PBK untuk melayani masyarakat. Tentunya hal ini bertujuan untuk mengatasi keluhan masyarakat yang mengatakan masih kekurangan armada PBK.  Bila terjadi kebakaran cepat diselesaikan sehingga bisa meminimalisir terjadinya korban jiwa dan kerugian. Hal ini dikatakan Kepala BPBD Kabupaten BU, Tajul Akhyar SSos.
Sejauh ini pihaknya sudah menerima laporan warga yang kerap mengeluh akibat keterlambatan, saat menanggulangi kebakaran. Tentunya laporan seperti ini tidak terjadi. Kedepannya pihak BPBD BU optimis jika tiga armada PBK tersebut sigap serta tidak ada kendala teknis. “Satu rumah terbakar tiga armada langsung kita turunkan. Ini untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. Jadi kita usahakan tidak ada lagi kekurangan dan keterlambatan armada,” kata Tajul.
Selain menyiapkan tiga unit armada PBK, BPBD Kabupaten BU juga siap menanggulangi semua bencana yang terjadi di kabupaten BU seperti banjir, longsor dan sebagainya. Untuk beberapa bencana yang sudah terjadi beberapa bulan belakangan yakni longsor di wilayah kecamatan Air Napal, sudah diupayakan maksimal penanggulangannya. Selanjutnya BPBD sudah berupaya menanggulangi pasca banjir di wilayah kecamatan Air Padang yang mengakibatkan putusnya jembatan penghubung Desa Teluk Ajang dan Padang Kala.
“Di beberapa kecamatan di Kabupaten BU juga sudah kita tanggulangi dengan cara membangun fasilitas tanggap darurat, dan kita upayakan dianggarkan di APBD maupun bantuan BNPB pusat,” imbuhnya.
Ia juga berharap pada masyarakat untuk tetap proaktif serta waspada terhadap bencana yang terjadi, pasalnya kabupaten BU merupakan wilayah dataran tinggi dan paling banyak ancaman bencana. “Kita minta masyarakat juga sigap, melaporkan bencana yang sudah terjadi sehingga penanggulangannya segera kita lakukan,” pungkas Kepala BPBD BU.(167/Prw)