BPBD Beli Mobil Tanki Air Bersih

TAIS,Bengkulu Ekspress– Untuk memenuhi kebutuhan darurat air bersih bila bencana terjadi. Tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, membeli satu unit mobil tanki air bersih. Dengan anggaran sekitar Rp 450 juta.

“Mobil tengki air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan air bagi korban bencana alam, terutama banjir. Agar bisa di suplay air minum,”tegas Kepala BPBD Seluma Drs H Azwardi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (22/1).

Pembelian satu unit mobi tanki air bersih ini dengan kapasitas 5000 liter. Sebagai fasilutas yang memperkuat peralatan di BPBD Seluma dalam penanggulangan bencana. Saat ini BPBD Seluma sudah memiliki perahu boat sebanyak empat unit, kemudian persediaan makanan bantuan bencana. Serta tenda penampungan untuk digunakan saat terjadi bencana.

“Ketika terjadi bencana seperti banjir, dan lainnya. Kemudian wilayah tersebut membutuhkan air bersih. Maka mobil ini bisa digunakan untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkannya,” tegas Azwardi.

Selain melakukan pembelian mobil tanki air bersih, BPBD Seluma, tahun ini juga membangun pelapis tebing sepanjang 300 meter di tebing Durian Kecamatan Ulu Talo. Pembangunan pelapis tebing berupa bronjong ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor. Karena lokasi tersebut ruas jalannya berada di dekat jurang.

“Ini untuk mengantisipasi agar ruas jalannya tidak amblas, sehingga harus segera dipasang bronjong,”sampainya

Selain menggunakan dana APBD yang sudah disahkan, BPBD Seluma juga kembali mengusulkan bantuan dana ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Untuk lanjutan pemasangan penahan gelombang di kawasan Pantai Padang Bakung. Karena belum seluruhnya dipasang pengaman.

“Untuk usulan ke BPBD akan kami sampaikan lagi, semoga tahun ini bisa kembali mendapatkan bantuan anggaran untuk pemasangan penahan gelombang,” pungkas Azwardi.b