BPBD Bangun Dapur Umum


BUDI/Bengkulu Ekspress
Kepala BPBD Mukomuko bersama TNI-Polri dan masyarakat ketika melakukan pemadaman lahan gambut yang terbakar.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Kebakaran lahan gambut di wilayah Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko sejak beberapa hari lalu, belum dapat dipadamkan. Para personel dan berbagai pihak, seperti TNI-Polri termasuk dari Pemkab Mukomuko yang langsung dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terus berupaya melakukan pemadaman hingga mendirikan dapur umum di sekitar lokasi tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Syahrizal menyampaikan, tim dari berbagai unsur dan dibantu masyarakat masih melakukan upaya pemadaman api menggunakan beberapa peralatan yang ada. Syahrizal juga mengakui, cukup banyak kendala yang dihadapi, selain kendaraan pemadaman kebakaran tidak bisa masuk, sumber air cukup jauh dan peralatan sangat terbatas. Selain memadamkan api dengan menggunakan air, juga dibangun siring menggunakan alat berat. Tujuannya, untuk memutuskan titik-titik api lebih meluas.

“Dapur umum didirikan untuk membantu relawan yang berperan aktif melakukan pemadaman api, makan dan minum kita siapkan,” ungkapnya.

Warga sekitar mulai mengeluhkan asap dari kebakaran lahan tersebut. Mereka khawatir, berbagai ancaman penyakit akan menyerang.“Saya dan warga sekitar mengharapkan Pemkab segera memadamkan api di lahan tersebut. Jika tidak cepat dipadamkan, akibat asap tersebut dapat mengancam kesehatan masyarakat,” ungkap Syahrizal.(900)