BPBD Bangun 3 Pelapis Tebing

Foto : IST

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna mengantisipasi terjadinya longsor di beberapa titik di Kabupaten Rejang Lebong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong membangun tiga pelapis tebing.”Tahun ini ada tiga pelapis tebing yang kita bangun untuk mengantisipasi longsor susulan, mengingat dilokasi yang kita bangun pelapis tebing ini sudah berulang kali terjadi longsor,” sampai Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki SSos.

Dijelaskan Basuki, tiga titik yang dibangun pelapis tebing tersebut yaitu satu titik di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang, kemudian satu titik di Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara dan satu lagi di Desa Belumai Kecamatan Padang Ulak Tanding.



Dijelaskan Basuki, pembangunan tiga pelapis tebing yang mereka lakukan tersebut sepaket dengan pembangunan pagar kantor BPBD Rejang Lebong, dengan anggaran yang disiapkan untuk membangun tiga pelapis tebing dan pagar kantor BPBD Rejang Lebong sebesar Rp 800 juta.”Saat ini proses pembangunannya hampir selesai, pembangunannya memang kita percepat sebelum turun musim hujan,” aku Basuki.

Dijelaskan Basuki, dari tiga lokasi pembangunan pelapis tebing tersebut dua titik pembangunannya sudah selesai yaitu yang di Desa Lubuk Mumpo dan Desa Belumai, sedangkan untuk yang di Dusun Sawah saat ini tinggal proses finishing lagi.”Yang di Dusun Sawah memang prosesnya agak lama karena harus digali dulu, kemudian memasang penahan, kita targetkan dalam waktu dekat ini selesai,” papar Basuki.

Di sisi lain, terkait dengan musim hujan sendiri, menurut Basuki musim hujan diperkirakan akan mulai turun di Kabupaten Rejang Lebong pada akhir Oktober ini. Saat memasuki musim hujan nanti, Basuki mengimbau masyarakat Rejang Lebong untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor maupun banjir dadakan yang kerap terjadi di Kabupaten Rejang Lebong khususnya di kawasan Kota Curup. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*