BP4K Usulkan 90 Tenaga Penyuluh

KARANG TINGGI, BE– Petani masih mengeluhkan minimnya tenaga penyuluh di Bengkulu Tengah. Pasalnya untuk membimbing ribuan petani dari berbagai sektor, tenaga penyuluh masih sangat kurang. Saat ini terdapat 142 desa plus 1 kelurahan di Benteng. Namun, BP4K (BadanĀ  Penyuluh Pertanian Perikanan Perkebunan dan Kehutanan) hanya menyuplai 58 tenaga penyuluh. Sedangkan di dalam UU No 16 Tahun 2009, diwajibkan setiap desa memiliki 1 penyuluh. Artinya Benteng masih kekurangan sekitar 85 penyuluh lagi. Atas kekurangan ini BP4K mengusulkan perekrutan 90 tenaga penyuluh baru.
“Sudah kami usulkan ke Bupati soal penambahan ini, namun rasanya bertahap, tidak bisa sekaligus. Karena kami yakin akan terkendala dana,” kata Ir Abu Hasan Kepala BP4K, melalui Kabid Program BP4K, Herwanto.
Dikatakan Herwanto, penambahan personel penyuluh itu diusulkan untuk kategori APBD dan APBN. Saat ini saja kata Herwanto, hanya terdapat 58 penyuluh, dimana 38 di antaranya PNS, sedang sisanya tenaga harian lepas. Menurutnya, jumlah itu jelas amat minim.
“Paling minim penyuluh perikanan, di sektor ini cuma 1 orang, terkadang 1 penyuluh melayani banyak desa, sehingga tak tertangani secara baik,” ungkap Herwanto.
Di BP4K sendiri, jelas Herwanto, dibutuhkan penyuluh pertanian, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Masing-masing sektor itu, masih kekurangan penyuluh. Harapannya, tahun 2013 mendatang secara bertahap tenaga penyuluh itu dapat terpenuhi. (122)