Bon Jovi Rajai Panggung Konser Dunia

BON Jovi berhasil melalui masa sulit mereka menyusul perselisihan panjang antara sang vokalis Jon Bon Jovi dengan gitaris Richie Sambora. Pertengkaran yang berlangsung beberapa jam sebelum digelarnya Bon Jovi World Tour 2013 pada April lalu, berujung mundurnya Richie dari tur yang berlangsung di dataran Amerika, Eropa sampai Australia.

Bukan hanya Richie, grup asal New Jersey itu kembali pincang karena sang drumer Tico Torres terpaksa tak ikut karena sakit. Praktis formasi asli grup tersisa Jon dan pembetot bas David Bryan.

Selama tur keduanya kemudian dibantu gitaris asal Kanada, Phil X serta Rich Scanella, yang merupakan drumer single Bon Jovi “What About Now.”

Walau pincang, taji grup yang dikenal lewat lagu “Livin’ on a Prayer” ternyata masih tajam. Data Pollstar, perusahaan pengamat perdagangan tiket konser, malah menunjukan Bon Jovi menempati peringkat teratas artis dengan penghasilan tur tertinggi di dunia selama 2013. Nilainya mencapai USD 259,5 juta atau hampir Rp 3,2 triliun (1 USD=12.300).

Yang mengagetkan, penjualan tiket yang didapat Bon Jovi ini memecahkan rekor penghasilan yang pernah mereka hasilkan sejak terbentuk tahun 1983. Posisi kedua artis dengan penghasilan tur tertinggi ditempati Beyonce Knowles yang baru pekan lalu menyelesaikan turnya, dengan pemasukan USD 188,6 juta (Rp 2,3 triliun).

Posisi lima teratas seperti dikutip dari Hollywoodreporter, Kamis (2/1), ditempati Pink (3), Justin Bieber, serta terakhir penyanyi kebanggaan Amerika Serikat Bruce Springteen. (pra/jpnn)